Email: Password:   Lupa Password?
Kamp Nasional Mahasiswa 2013 - Dipanggil untuk Kemuliaan-Nya

Mengenai KNM

Setelah sekitar 3 tahun lebih para murid dibina oleh Tuhan Yesus, ada sebuah momen puncak mereka diutus untuk memberitakan Injil (peristiwa Amanat Agung). Dalam Alkitab, ada banyak contoh momen Allah memanggil dan mengutus umat/orang pilihan-Nya.

Kamp nasional mahasiswa diadakah sebagai momen pengutusan bagi para mahasiswa pra-alumni/alumni baru yang dibina di persekutuan kampus se-Indonesia dengan tujuan agar mereka bisa mengalami panggilan dan pengutusan dari Allah baik secara pribadi maupun komunal, bagi kemuliaan Allah.

Dengan mengambil rentang sekitar 3 tahun sekali, KNM 2013 kembali diadakan setelah KNM 2010. Kiranya di Kamp Nasional Mahasiswa ini, mahasiswa Kristen dari seluruh Indonesia dapat mendengar panggilan Tuhan dan dipakai untuk kemuliaan-Nya!

LATAR BELAKANG KNM

Sebuah cuplikan catatan Rick Warren dalam twitternya menyatakan, “Jika ingin membangun sesuatu yang lebih luas dan lebih tinggi maka perlu memperhatikan kedalaman pondasinya.” Dalam pelayanan mahasiswa, proses pembinaan tiga hingga empat tahun di kampus adalah proses menancapkan kedalaman pondasinya, sehingga setelah menyelesaikan studi diharapkan sang alumni baru memiliki pondasi yang kuat untuk berkarya. Pondasi itu akan terus diperdalam seiring dengan kerasnya terpaan tantangan dalam dunia alumni. Pondasi tersebut sangat penting bagi sang alumni baru untuk dapat berpegang pada Firman supaya memberitakan perbuatan-Nya.

Kitab Keluaran memberikan gambaran yang jelas bagaimana Allah memilih bangsa Israel sebagai sebuah bangsa perjanjian, bukan karena kuat dan hebatnya, bukan karena memenuhi sederet kualifikasi, bukan karena bangsa yang teruji, namun semata-mata hanya karena Anugrah-Nya. Israel dipimpin dan ditebus Allah dari perbudakan Mesir dengan cara yang luar biasa untuk menuju suatu negeri yang berlimpah susu dan madu. Suatu negeri yang sangat strategis, negeri yang menjadi daerah perlintasan tiga benua yaitu Asia, Eropa dan Afrika. Allah menancapkan pondasi yang dalam kepada bangsa Israel selama 40 tahun di padang gurun dengan satu tujuan yang tertuang dalam Keluaran 19:5 yang berbunyi, “Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan Firman-ku dan berpegang pada perjanjian-Ku.” Sehingga dengan pondasi yang dalam ini Israel bisa menjalankan fungsinya bagi dunia, yaitu menjadi imam bagi bangsa-bangsa lain (Kel 19:6). Imam yang membawa korban penghapus dosa dan menjadi perantara antara umat dengan Allah. Israel menjadi perantara bangsa lain dengan Allah, menuntun bangsa lain agar mengakui Allah dalam hidup mereka dengan jalan hidup seturut Firman dan menjalankan kehidupan yang berbeda seperti rumah yang ramah, keluarga yang sejahtera, tidak menyembah patung, memelihara orang miskin, menguduskan hari Sabat, beribadah kepada Allah, mengajarkan hukum-hukum Allah, memperhatikan hak budak, menegakkan kebenaran dan keadilan, menyatakan kasih, yakin akan pemeliharaan Allah dan mempersembahkan segala kemuliaan hanya bagi Allah.

Ribuan tahun kemudian, gema Kitab Keluaran terus memancar kepada bangsa-bangsa lain, hingga Rasul Petrus menuliskan Firman Tuhan yang tertuang dalam Surat 1 Petrus kepada orang-orang percaya yang tersebar di Pontus, Kapadokia, Asia Kecil, Bitinia, Galatia dan orang-orang yang sangat menderita. Rasul Petrus menasehati mereka dengan mengingatkan kedalaman Firman Tuhan, di mana ada mutiara-mutiara yang indah seperti iman, pengharapan, kasih dan penebusan Yesus Kristus, sehingga dengan kedalaman Firman itu mereka bisa menyatakan perbuatan yang baik dan memuliakan Allah. Dalam 1 Petrus 2:12 tertulis, “Milikilah cara hidup yang baik ditengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.”

Kini, setelah 2000-an tahun, gema Kitab Keluaran pun tetap memancar dan menyebar sampai di Negara Kepulauan Indonesia. Gema itu tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Sulawesi sampai NTT. Allah yang sama, Firman yang sama, penyertaan yang sama, yang menasehati agar kaum muda, kaum terpelajar: BERPEGANG kepada Firman supaya MEMBERITAKAN perbuatan-Nya dan terpanggil demi Kemuliaan-Nya. Barisan orang-orang yang berpegang kepada Firman itu akan tersebar keseluruh pelosok negeri, menggarami dusun maupun kota, menelanjangi dosa, menerangi dengan kebenaran, pergi melintasi samudera raya dan angkasa yang membahana dengan dibakar oleh Kasih Allah yang nyata dari Bukit Golgota.

Mengapa di Indonesia orang yang sedang menjalani kuliah Diploma, Strata 1, 2 ,3 disebut mahasiswa sedangkan di luar negeri disebut student/college student? Menurut KBBI kata “maha” diartikan sebagai sangat, amat atau teramat. Ketika menyandang nama mahasiswa, ada sebuah tanggung jawab yang besar. Bukan dengan sombongnya membawa nama ini dan berkata: “Asyik, saya sudah bukan siswa lagi, saya lebih dari siswa biasa. Saya bisa suka-suka dengan kehidupan saya. Saya kan bukan siswa lagi, mengapa harus diatur-atur?” Mahasiswa, terdengarkah panggilan bagi bangsa ini? Tanah air Indonesia, yang tanahnya menjadi tempat tidurmu, yang airnya kau minum dan berasnya kau makan setiap hari, yang menjadi tempat leluhur kita bekerja dan menghidupi kita hingga ada saat ini. Terdengarkah panggilan untuk berkarya bagi bangsa ini? Jika saya bisa kuliah, itu berarti saya berhutang kepada Tuhan, rakyat Indonesia, Bangsa Indonesia dan keluarga. Mahasiswa, adalah tanggung jawab yang besar ketika engkau menyandang gelar ini. Oleh karena itu, berjuanglah bagi bangsa Indonesia dengan tanggung jawab dan panggilan sebagai mahasiswa Kristen.

Wahai pemuda dan pemudi: Medan, Pematang Siantar, Padang, Pekan Baru, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Manado, Tondano, Gorontalo, Palu, Poso, Makasar, Toraja, Kendari, Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, Banjarmasin, Banten, Jakarta, Bogor, Bandung, Jatinangor, Semarang, Solo, Magelang, Salatiga, Purwokerto, Yogyakarta, Jember, Surabaya, Malang, Kediri, Bali, NTB, NTT, Ambon, Manokwari, Sorong, Jayapura, bangkitlah dengarlah seruan Allah kita, “Berpeganglah kepada Firman-Ku supaya memberitakan perbuatan-Ku!”

Berdoalah untuk pembaharuan Indonesia dan ikutlah mengambil bagian didalamnya. Diadakan pada tanggal 13-18 Agustus 2013, Kamp Nasional Mahasiswa akan menancapkan pondasi semakin dalam ke hati para peserta: Pondasi tentang Yesus, kasih, penebusan, pemeliharaan dan respon atas kasih supaya dapat menyatakan Allah di berbagai bidang dan kondisi di Indonesia. Kiranya di Kamp Nasional Mahasiswa ini, mahasiswa Kristen dari seluruh Indonesia dapat mendengar panggilan Tuhan dan dipakai untuk kemuliaan-Nya!


KNM 2013

Waktu : 13-18 Agustus 2013
Tempat : Putri Duyung Ancol, Jakarta
Tema : Dipanggil untuk Kemulian-Nya

PEMBICARA:

  1. Rev. DR. Hwa Yung (Trinity Theological College, Singapore)
  2. Pdt. Dr. Ir. Mangapul Sagala, MTh. (Perkantas)
  3. Ev. Harry Limanto, M. Div (Perkantas)


Peserta KNM

Kamp Nasional Mahasiswa 2013 diharapkan dapat menghasilkan profil alumni yang benar-benar terpanggil menjadi berkat di bidangnya masing-masing. Oleh karena itu, panitia menetapkan beberapa kriteria peserta kamp ini:

1. Mahasiswa tingkat akhir (S1/D3) atau alumni tahun pertama, yang memiliki karakter :

  • Memper-Tuhankan Kristus
  • Memiliki relasi yang erat dengan Firman
  • Memiliki kerinduan bertumbuh
  • Meninggalkan dosa
  • Berjiwa misi
  • Memiliki cara pandang kristiani
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang melayani

2. Terbina dalam Kelompok Kecil dan memimpin Kelompok Kecil (memiliki kualitas murid dewasa dan/atau pembuat murid).

3. Sudah memiliki panggilan atau sedang menggumulkan panggilan.

4. Mendapat rekomendasi dari Staf Perkantas setempat.

Untuk mendaftar, silahkan kunjungi FORMULIR PENDAFTARAN KNM

Hubungi Kami

Email :  info@knm2013.com

Contact Person :

Staf:

1. Flafiana Tagung (flafiana@yahoo.co.id)

2. Ardhi Purwoko (ap_poer@yahoo.com)

3. Anthon Katobba (katobba10@yahoo.com) - Khusus Surabaya


Panitia:

1. Christopher Salangka (christopher.salangka@gmail.com)

2. Dedikasi Sitorus (dedikasi.sitorus@gmail.com)

3. Robin Chandra (rich_redbird@yahoo.com)

Warta 2


Dibaca: 1345 Kali
Kegiatan Terkait :
Kamp Nasional Mahasiswa (KNM) 2010
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

Loading
LENGKAPI DATA ANDA

BERITA

217550

Saat ini ada 8 tamu dan 0 online user
KOMENTAR TERBARU
Sebarkan Apinya...
   Mas Ucup, 2014-05-08 13:01:16
next generation...
   ronal, 2011-11-30 15:21:27
foto......
   Akhung, 2011-10-31 13:25:09
:)...
   intha, 2011-10-31 10:57:53
cara membeli video...
   Akhung, 2011-04-26 16:29:45