Email: Password:   Lupa Password?
REMAJA DAN HARAPAN PERUBAHAN TAMONG , Catatan Pelayanan Remaja, Misi Kalimantan 3 - Desa Tamong - Kalimantan Barat
oleh Renny Siek: 10-10-2011, Dibaca: 1754 kali

     “Masa-masa paling indah, masa-masa di sekolah”, lirik sebuah lagu yang ditulis oleh alm. Chrisye yang tentu tidak asing bagi kita. Agaknya lirik ini mencoba menggambarkan sebuah masa yang dilalui oleh setiap insan di dunia, yaitu masa remaja. Remaja identik dengan semangat yang menggebu-gebu, suka berkelompok, suka beraktivitas, enerjik, dan butuh figur untuk diteladani.  Tidak melihat remaja itu berasal dari desa, kota, atau bahkan desa terpencil sekalipun, remaja Tamong pun tak terkecuali.

     Remaja Tamong hidup dalam kesederhanaan, serta kepolosan hidup karena masih sedikit jamahan pembangunan daerah mereka rasakan. Mereka tidak terlalu memusingkan ada tidaknya hp, televisi, atau kemajuan teknologi lainnya. Mereka hidup menyesuaikan diri dengan daerah mereka yang berbukit-bukit. Tiap hari pergi ke ladang, membantu orang tua menumbuk padi, lalu ke sekolah. Mereka senang bisa sekolah, sayangnya guru-guru mereka hanya datang beberapa kali dalam sebulan. Entah bagaimana nasib pendidikan mereka? Padahal, mereka bisa dikatakan remaja yang cukup cerdas, antusias, dan mau diajar.

Potret Remaja Tamong Games Remaja Tamong

Potret Remaja Tamong

     Coba bayangkan, mereka harus melalui jalan setapak yang cukup panjang, cukup terjal, menanjak, dan licin saat hujan, untuk bisa sampai ke sekolah, tempat kami mengadakan acara. Sekitar kurang lebih 36 orang remaja datang dan bukan hanya sekedar datang, mereka juga sangat bersemangat, bersukacita, dan terbuka untuk menerima apa yang akan kami ajarkan. Mereka benar-benar sosok murid yang mau taat dan diajar. Kami mengajarkan tentang Allah, manusia yang berdosa dan manusia yang berharga, anugerah, serta aplikasi iman. Metode yang kami gunakan tentu saja disesuaikan dengan mereka yang suka beraktivitas di alam, yaitu dengan gerakan-gerakan yang mudah untuk mereka ikuti, juga alat peraga sederhana yang membuat mereka mudah memahami apa yang kami sampaikan, serta kegiatan lapangan yang menjadi kegemaran mereka.

Pelayanan Remaja Tamong Pelayanan Remaja Tamong

Games

     Pelayanan remaja ini baru kami mulai pada misi yang kedua, Desember 2010 lalu. Selama melayani remaja, banyak hal yang bisa kami gali tentang kehidupan remaja Tamong.  Seks bebas merupakan hal biasa di sana. Seorang pria dan wanita boleh melakukan hubungan seks jika melihat tikus. Ikatan pernikahan pun bukan hal benar-benar sakral di sana.  Selain itu, setelah lulus SD, biasanya remaja Tamong akan pergi ke Malaysia untuk bekerja di sana sebagai TKI, dan tentu saja sebagian besar secara ilegal.

     Dalam 2 tahun ini kami berfokus, bagaimana menolong mereka untuk mencintai Tuhan. Kami mengajarkan mereka untuk berdoa dan membaca Alkitab setiap hari. Kerinduan kami adalah, dengan pengenalan mereka akan Firman Tuhan, merekalah yang akan menjadi agen perubahan bagi desa Tamong.

Remaja Tamong Berdoa

     Metode kelompok kecil yang kami pakai dalam membina mereka cukup efektif. Relasi yang lebih dalam dan terbuka bisa terjadi. Kami mengajarkan mereka untuk berdoa dan mencintai Firman, menjaga kekudusan seks, mau untuk melanjutkan sekolah, dan juga meninggalkan penyembahan berhala yang diwariskan oleh orang tuanya.

Pelayanan Remaja Tamong Pelayanan Remaja Tamong

     Kami bisa melihat perubahan-perubahan nyata dari para remaja. Beberapa remaja Tamong bahkan memiliki keberanian untuk menyatakan iman mereka pada Yesus. Mereka tidak lagi ikut dalam upacara adat “Nyobeng (identik dengan penyembahan berhala)”. Bahkan ada yang berani untuk memberitahu orangtua mereka bahwa itu adalah salah di mata Tuhan. Selain itu, kami juga melihat remaja-remaja ini sedang bertumbuh dalam Tuhan, beberapa telah membaca firman Tuhan  secara rutin, dan berdoa setiap hari. Mereka adalah generasi penerus Tamong yang nantinya akan menentukan menjadi seperti apakah daerah ini, tetap menyembah berhala atau menyembah Tuhan Yesus Kristus. Mereka memerlukan figur untuk melakukan perubahan. Berharap pelayanan Misi Kalimantan dapat mendorong mereka bertemu dengan figur itu, yaitu Tuhan sendiri. Inilah masa bagi generasi muda Tamong untuk berkarya membangun potensi daerahnya dengan hidup takut akan Tuhan.

Pelayanan Remaja Tamong - Perkantas Surabaya

Tim Pelayanan Remaja dan Remaja Tamong

Bersambung...

*Penulis adalah Alumni Universitas Airlangga, anggota tim pelayanan Remaja Misi Kalimantan 3

 

KISAH LENGKAP PERJALANAN TIM MISI KALIMANTAN 3 :

Misi Kalimantan 2 - 2010                             : START THE MISSION!!
Misi Kalimantan 1 - 2009                             : DI SINI JUSTRU INDONESIA


Topik Terkait :
Sebab Tuhan, Allahmu Menyertai engkau, Kemanapun engkau Pergi - Catatan Perjalanan Misi Kalimantan 8 – Desa Tamong – Kalimantan Barat, 24 Juni - 5 Juli 2014
DALAM NAUNGAN YANG MAHA KUASA - Catatan Perjalanan Misi Kalimantan 3 - Desa Tamong - Kalimantan Barat (Part 1)
PENYULUHAN PERTANIAN BAGI WARGA TAMONG - Jurnal Pelayanan Misi Kalimantan 4 ke Desa Tamong - Kalimantan Barat, 24 Juni - 3 Juli 2012
PELAYANAN BAGI MAJELIS DAN PENGURUS GEREJA - Jurnal Pelayanan Misi Kalimantan 4 ke Desa Tamong - Kalimantan Barat, 24 Juni - 3 Juli 2012
MASUK KE HIDUP MEREKA DAN BERDOA - Jurnal Pelayanan Tim Visitasi - Misi Kalimantan 4, 24 Juni – 3 Juli 2012
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

Loading
LENGKAPI DATA ANDA

BERITA
The Radical Disciple
24-04-2017, Dibaca: 5 kali
Surat Doa Papua, Maret-April 2017
24-04-2017, Dibaca: 5 kali
Surat Doa Mataram, Maret-April 2017
24-04-2017, Dibaca: 6 kali
Surat Doa Jember, Maret-April 2017
24-04-2017, Dibaca: 6 kali
Surat Doa Kediri, Maret-April 2017
24-04-2017, Dibaca: 4 kali
Surat Doa Mojokerto, Maret-April 2017
24-04-2017, Dibaca: 4 kali
Surat Doa Banyuwangi, Maret-April 2017
24-04-2017, Dibaca: 4 kali
Surat Doa Malang, Maret-April 2017
24-04-2017, Dibaca: 5 kali
Lihat Semua Berita >>


999854

Saat ini ada 63 tamu dan 0 online user
KOMENTAR TERBARU
Saya ingin memesan Buku ...
   BOWO, 2016-04-03 22:32:16
Sebarkan Apinya...
   Mas Ucup, 2014-05-08 13:01:16
next generation...
   ronal, 2011-11-30 15:21:27
foto......
   Akhung, 2011-10-31 13:25:09
:)...
   intha, 2011-10-31 10:57:53