Email: Password:   Lupa Password?
JAWABAN SEBUAH DOA : GENERASI BARU - Surat Doa Jember September-Oktober 2011
oleh Perkantas Jember: 16-10-2011, Dibaca: 1855 kali

Dalam membangun sebuah pelayanan, aspek regenerasi merupkan aspek vital yang harus terus diperhatikan untuk menjaga keberlangsungan visi pelayanan itu sendiri. Perkantas Jember telah sekian lama menantikan generasi baru yang kelak dapat melanjutkan tongkat estafet ini. Harus diakui, SDM staf yang ada hingga pertengahan tahun 2011 ini adalah “generasi lama” dengan usia pelayanan yang telah mencapai lebih dari 10 tahun. Dalam hal kapasitas dan pengalaman pelayanan tentu dua orang staf lapangan yang telah memasuki usia pelayanan 12-17 tahun ini (Yusuf Deswanto dan Johan Deretah) tentu semakin memadai. Namun usia yang bertambah akan memperlebar “gap” antara staf dengan siswa dan mahasiswa yang dilayani. Hal ini berdampak pada tumpulnya penetrasi ke dalam hidup anak-anak binaan yang dilayani. Dengan perubahan budaya zaman yang sedemikian cepat, hal ini tentu tidak menguntungkan.

Dengan pertimbangan di atas, apa yang Allah kerjakan di dalam pelayanan Perkantas Jember di semester kedua tahun ini sungguh patut disyukuri. Setelah sekitar 5 tahun menanti “lahirnya” generasi muda SDM Staf, pada Agustus 2011 yang lalu dua orang hasil binaan Perkantas Jember sendiri, Wahyu Respati dan Edowin Sianipar, mengambil keputusan untuk menyerahkan waktu mudanya sebagai Staf Perkantas. Wahyu Respati, S.Sos. yang selama ini menangani pelayanan adminstrasi langsung “terjun” untuk mendampingi pelayanan siswa. Sedangkan Edowin Sianipar masih akan menyelesaikan skripsi, dan segera terjun dalam pelayanan mahasiswa pada Januari 2012. Tuhan yang memiliki pelayanan ini, Tuhan pula yang memanggil dan memperlengkapi generasi baru yang akan melanjutkan pelayanan di Jember. Sebuah jawaban yang indah dari pergumulan yang tak mudah.

 

KATA Siswa Jember

Bulan Juli hingga Oktober dapat dikatakan sebagai bulan-bulan penjangkauan siswa-mahasiswa baru di tiap kota dalam lingkup Perkantas Regional Jawa Timur. Pelayanan siswa di Jember pun tak ketinggalan. Setelah melakukan pendataan di bulan Juli-Agustus, Tim Pembimbing Siswa secara bergiliran melakukan kunjungan ke beberapa sekolah SMP dan SMA. Dengan melakukan pendekatan kepada siswa-siswa Kristen seperti ini, beberapa personil TPS dapat memberitakan Injil secara pribadi kepada siswa-siswa baru ini.

Rangkaian penjangkauan siswa baru ini dipuncaki dengan acara Kebaktian Awal Tahun Ajaran (KATA) yang diadakan pada 23 September. Dengan mengambil tema “Tanam, Siram, Tuai”, Kak Anthon Katobba (Staf Perkantas Surabaya) selaku pembawa Firman Tuhan, menegur dan meneguhkan semua yang hadir untuk tidak jemu-jemunya menjalin relasi yang intim dan dalam bersama Tuhan. Acara yang diadakan di rumah persekutuan ini dihadiri oleh 55 orang. Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun Persekutuan Siswa Kristen Jember (PSKJ) yang genap berusia 22 tahun. Selamat ulang tahun PSKJ!

Persekutuan Mahasiswa Kristen Jember (Permaker)

Penjangkauan mahasiswa di Jember yang dikerjakan Permaker lebih banyak dilakukan secara personal. Pengurus Permaker dan para pemimpin KTB secara langsung terjun ke kampus dan tempat kos mahasiswa baru, dengan bermodal data nomer handphone (HP) yang berhasil diperoleh. Pendekatan langsung dengan berkunjung ke tempat kos seperti ini bukan sebuah pendekatan yang mudah. Timing atau ketepatan waktu berkunjung, serta kesediaan mahasiswa baru dalam merespons kontak pertama lewat HP menjadi tantangan sekaligus seni tersendiri bari pengurus Permaker dan sebagian calon pemimpin KTB. Berharap pada November ini, ada banyak mahasiswa baru yang berhasil dijangkau dengan Injil sekaligus dapat dimuridkan lewat KTB. Doakan hal ini.

Dalam rangka mempersiapkan penjangkauan mahasiswa baru tersebut, pada 30 September-1 Oktober yang lalu Permaker menyelenggarakan Serial Pembinaan Pemimpin KTB yang dibawakan oleh Kak Anggriadi Ricky, Serial Pembinaan Pemimpin KTB selama dua hari ini mengambil topik ”Kreativitas dalam KTB” (1 sesi) dan ”Bagaimana Menggali Alkitab–Bagian Narasi” (2 sesi). Diharapkan melalui pembinaan ini setiap pemimpin KTB yang terlibat penjangkauan mahasiswa baru semakin diperlengkapi dengan skill, sekaligus ”memompa” semangat mereka untuk menjangkau dan memuridkan mahasiswa baru. Doakan hal ini.

 

Pokok Doa:

1. Bersyukur untuk karya Allah yang menggerakkan generasi baru untuk meneruskan visi dan misi pelayanan Perkantas di Jember.

2. Doakan agar Tuhan semakin memperteguh panggilan-Nya dan sekaligus memperlengkapi Respati dan Edowin untuk melayani.

3. Doakan BPR Perkantas Jember dalam bekerja sama dan mendukung pelayanan staf baru ke depan. Doakan pengembangan dana yang terus diupayakan BPR untuk mendukung pelayanan staf yang ada.


0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

LENGKAPI DATA ANDA

Tidak Ada Kegiatan


2199271

Saat ini ada 113 tamu dan 0 online user