Email: Password:   Lupa Password?
Hubungan yang Membangun - Traveling Staf Perkantas ke Wamena - Oktober 2011
oleh Nura Dendang Sombolinggi: 31-10-2011, Dibaca: 1563 kali

“Komunitas Kristen seharusnya menjadi keluarga yang saling mendukung, di mana anggotanya saling membangun menuju tingkat kebenaran yang lebih tinggi, di mana hubungan dengan Allah terus diperbaharui dan orang yang belum percaya ditarik kepada Kristus. Sayangnya, komunitas Kristen juga bisa menjadi tempat di mana orang merasa dituding, dimanipulasi, dan tidak diperhatikan.” (12 Bahan PA Kotbah di Bukit, John Stott). Inilah pengantar dari Bahan PA yang kami, Alumni Perkantas di Wamena bahas selama dua hari berturut-turut pada kesempatan travelling staf Perkantas Jawa Timur ke Wamena tanggal 17 – 18 Oktober 2011 yang dipimpin oleh Ibu Iis Achsa.

“Hubungan yang Membangun”, merupakan tema yang sangat penting untuk digumuli bersama di tengah perintisan pelayanan di Wamena ini, karena apabila setiap alumni yang terlibat di dalam komunitas ini,  bisa terus bertumbuh dalam kasih, sehati sepikir, setujuan dalam melangkah bersama menggarap ladang Tuhan yang sudah menguning dan siap dituai, tidak mustahil pekerjaan Tuhan akan semakin efektif di Lembah Baliem ini.

Travelling ke Perkantas Wamena - Ibu Iis Acsha

Suasana PA Alumni Perkantas di Wamena

Dari Matius 7 : 1 – 12 yang dibahas, terus mengingatkan kami bahwa dalam komunitas yang sehat dan bertumbuh dalam kasih satu dengan yang lain perlu adanya teguran yang tujuannya untuk membangun dan melindungi saudara/saudari kita dari melakukan dosa. Tetapi, hal yang perlu diwaspadai dalam menegur adalah sikap menghakimi. Kita bukanlah pribadi yang maha tahu, sehingga jangan sampai kita salah menilai dan pada akhirnya kita ikut-ikutan berdosa (Yohanes 7 : 24). Dalam PA, kak Iis juga mengajak kami untuk merenungkan suatu kisah nyata yang dialami persekutuannya sendiri pada saat kuliah, belajar melihat kemungkinan akibat-akibat yang mungkin terjadi pada saat anggota-anggota persekutuan tidak menjalankan perannya untuk menegur atau melindungi anggota yang lainnya.

Agenda travelling kak Iis yang lainnya adalah memimpin renungan pagi/ devosi staf WVI di ADP Kurima. Kak Iis mengajak staf-staf WVI yang ada merenungkan kekayaan kemurahan dan kasih Allah dari Mazmur 23, Tuhan adalah Gembalaku. Di tengah kesibukan dan kepadatan aktifitas pekerjaan dan pelayanan pendampingan ke masyarakat, staf-staf kembali diajak merenungkan kembali betapa melimpah ruahnya kemurahan dan pemeliharaan Tuhan. Kelelahan dan kejenuhan kadang-kadang merupakan suatu hal yang tak terhindarkan dalam mengerjakan pelayanan ini, tetapi jika kita tetap hidup dekat dan melekat dengan Tuhan, maka Dia akan kembali menyegarkan kita dan mencukupkan segala yang kita butuhkan sampai tidak ada sesuatu apapun lagi yang kita ingini, karena Dia adalah Gembala kita yang baik.

Devotion Staf WVI - oleh bu Iis Acsha

Renungan Pagi bersama Staf WVI Wamena

Setelah dari devosi di ADP Kurima, Kak Iis memberikan pembinaan kepada anak-anak binaan WVI di Asrama Mandiri (Asrama milik WVI Jayawijaya). Anak-anak ini merupakan anak-anak putus sekolah wilayah layanan WVI (Kabupaten Tolikara) yang dibina dan dilatih kecakapan hidup (life skill) sehingga walaupun mereka putus sekolah, mereka tetap bisa survive dan berkarya di tanah Papua ini. Tema yang disampaikan oleh kak Iis dalam pembinaan itu adalah “Setiap Orang Berharga”.

Pembinaan Anak-anak putus sekolah binaan WVI - Iis Acsha

Pembinaan Anak-Anak putus sekolah binaan WVI

Dalam traveling Kak Iis kali ini juga digunakan untuk menjalin kerjasama dengan GKII Efata. Acara dalam 2 hari traveling memang cukup padat dan melelahkan. Kiranya pelayanan ini menjadi berkat dan makin memantapkan perintisan pelayanan di Wamena.

Traveling Wamena - Iis Acsha

 

Oleh: Nura Dendang Sombolinggi

(Alumni UK Petra yang mengajar di Yohanes Surya Institute Wamena)


Topik Terkait :
PASKAH PERKANTAS WAMENA & PELANTIKAN TIM PERINTISAN PERKANTAS WAMENA
Surat Doa Wamena Januari - Februari 2012 : PANCARKANLAH TERANG KRISTUS!!
PERINTISAN PELAYANAN SISWA WAMENA - Surat Doa Perkantas Wamena November - Desember 2011
Perintisan SMUN 1 Wamena
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

LENGKAPI DATA ANDA

Tidak Ada Kegiatan


1255936

Saat ini ada 118 tamu dan 0 online user