Email: Password:   Lupa Password?
PERSONAL DAN TERUS MENERUS - Surat Doa Perkantas Jember November - Desember 2011
oleh Perkantas Jember: 12-12-2011, Dibaca: 1503 kali

Weekend alumni Jember yang digelar pada 5–6 November ini adalah weekend alumni ketiga yang diadakan oleh Persekutuan Kristen Antar Alumni Jember. Dimulai tahun 2009 dengan 19 peserta, kemudian 27 orang pada tahun 2010, dan pada tahun ini sedikit menurun karena diikuti 24 orang dewasa dan 8 anak-anak.

 Berbeda dengan weekend sebelumya yang diadakan di hotel rembangan, tempat terdingin di Jember, kali ini weekend diadakan di Wisma Caffe Rayap. Wisma milik PTP XII yang jaraknya hanya beberapa kilometer di bawah Rembangan. Beberapa peserta menyatakan bahwa secara keakraban, weekend kali ini lebih terasa. Dengan tema Being Transformed for Social Transformation, pembicara weekend, Kak Harry Limanto mengantar peserta  masuk dalam pokok pergumulan prinsip-prinsip pembaharuan sosial yang diajarkan dalam kitab Filemon. Kitab yang hanya terdiri dari satu pasal ini dieksposisi jadi dua bagian. Dalam rangkaian pesan kitab Filemon: Pembaharuan sosial selalu dimulai dari pembarahuan pribadi dan dikerjakan terus menerus. Kesimpulan ini bukan sekadar yang telah dilakukan oleh Filemon, tetapi harus juga menjadi semangat para peserta weekend, terutama setelah usai acara.

Dalam bagian penutup weekend ini, peserta diajak berbagi dan memikirkan secara konkrit hal-hal yang bisa dilakukan oleh peserta sebagai peran dalam pembaharuan masyarakat. Peserta dibagi jadi tiga kelompok, yaitu yang berkecimpung dalam pendidikan, kesehatan, dan usaha/karyawan. Dari masing-masing kelompok, di akhir sessi disampaikan kesimpulan yang didapat. Beberapa hal akan jadi rencana tindak lanjut dari weekend ini, misalnya yang sempat disebutkan adalah beberapa peserta yang belum terlibat dalam PA alamuni akan bergabung dalam PA alumni, dan pada akhir November lalu komitmen ini sudah kelihatan jalan. Sementara untuk kelompok pendidikan, memperlihatkan banyaknya siswa dan mahasiswa yang secara karakter tidak baik, hal ini merupakan tantangan bagi para pendidik. Alumni ditantang terlibat dalam pemuridan sebagai bagian dari pembangunan karakter. Dari kelompok usaha, menelurkan pokok pikiran perlunya terus dibangun semangat berwirausaha, sehingga tidak ada alumni yang menunggu mencari pekerjaan.

Sekalipun weekend kali ini sangat menyenangkan, tetap saja jauh dari sempurna dan belum berakhir. Pembaharuan yang dimulai dari setiap personal alumnus harus terus dipelihara, sehingga mempengaruhi pembaharuan yang lebih besar. Pengurus alumni masih harus terus menjaga pelayanan PA alumni sebagai bagian dari bentuk pemeliharaan tersebut. Sementara, ide-ide yang baik yang sudah dipikirkan peserta masih harus ditindak lanjuti dengan kerja keras.

POKOK DOA PERKANTAS JEMBER

BPR

  1. Bersyukur untuk pemeliharaan Tuhan atas pelayanan BPR Perkantas Jember dan pendanaan operasional selama tahun 2011 yang Tuhan cukupkan. 
  2. Doakan untuk pendanaan operasional tahun 2012, dimana BPR Perkantas Jember akan semakin mengurangi dukungan subsidi dari BPC Perkantas Jatim, namun di sisi lain  proyeksi penambahan staf membutuhkan penambahan pendanaan operasional tiap bulannya yang cukup besar.
  3. Doakan untuk pengerjaan pembangunan rumah persekutuan Perkantas Jember yang diharapkan di tahun 2012 sudah mulai kembali dengan target pembangunan ruang-ruang kamar dan dapur di tanah bagian belakang. 

SISWA

  1. Pengembangan strategi pelayanan PI dan KTB ke depan.
  2. Perintisan sekolah (SMPN 9 dan SMAK Katholik “Santo Paulus”) dan perintisan KTB di Lumajang.
  3. Tenaga yang dapat menetap di Lumajang untuk mengembangkan pelayanan siswa.

MAHASISWA

  1. Doakan komitmen dan kesehatian Pengurus Permaker (PMK Jember) dalam menggerakan dan mensosialisasikan visi pemuridan di mahasiswa Jember juga regenerasi, Januari 2012).
  2. Doakan PI Mahasiswa Baru, kerjasama Permaker dan UKMKK Unej agar bukan sekadar kerja sama membangun kepentingan masing-masing, melainkan demi kepentingan Injil Kristus.
  3. Pendampingan pelayanan mahasiswa Jember oleh Staf Regional Jatim (Pak Ricky dan Pak Anthon) agar dapat semakin menggerakan peningkatan kinerja Permaker dan PMK2 kampus.

ALUMNI

  1. Doakan kerohanian setiap alumni di Jember yang digembalakan melalui PA Alumni. Doakan juga para staf yang memimpin (Pak Johan dan Pak Yusuf).
  2. Doakan untuk keterlibatan lebih jauh dari alumni dalam pendanaan Perkantas Jember.
  3. Doakan program-program alumni Jember di tahun 2012; selain PA rutin, ada 2 kegiatan skala kota (WeekEnd Alumni, Oktober dan Gathering Alumni, April).

Topik Terkait :
Berita Kota dan Surat Doa Perkantas Jember dan Banyuwangi, Juli-Agustus 2014
Sebuah Momentum Regenerasi Kepimpinan : Pelantikan Pengurus TPS-PSKJ, Permaker, dan PMK Afiliasi
Peringatan HUT ke-2 Kelompok Belajar Cerdas Ceria - KBCC Jember
Perkembangan Pelayanan Perkantas Jember Juli-Agustus 2013
Surat Doa Perkantas Jember, Juli - Agustus 2012
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

LENGKAPI DATA ANDA

Tidak Ada Kegiatan


1055223

Saat ini ada 28 tamu dan 0 online user