Email: Password:   Lupa Password?
KASIH BAGI WARGA NEGERI DI ATAS AWAN - Catatan Perjalanan Misi Kalimantan 4 - Desa Tamong - Kalimantan Barat
oleh Akhung Berithel Ina: 30-07-2012, Dibaca: 2281 kali

4 tahun Tuhan memimpin Perkantas Surabaya untuk mengerjakan pelayanan misi ke desa Tamong-Kalimantan Barat, memberikan pelajaran berharga, bahwa strategi terbaik dalam mengerjakan misi bukanlah digerakan oleh kemampuan, pengalaman dan keahlian dalam mengerjakan pelayanan, namun misi yang digerakan oleh pengandalan penuh akan Tuhan melalui doa-doa kita, dan juga digerakan oleh kasih yang tulus kepada sesama manusia, sebagaimana Allah mengasihi kita.

Misi Kalimantan 1 Misi Kalimantan 2 Tim Misi kalimantan 3 Tim Misi kalimantan 4

Tim Misi Kalimantan 1-4 (2009-2012)

Perjalanan Surabaya-Tamong

Perjalanan ke Desa Tamong yang berada di berada di kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat ini membutuhkan waktu 2 hari. Kami yang terdiri dari 20 orang berangkat dari bandara Juanda Surabaya tanggal 24 Juni pukul 07.30 pagi. Perjalanan udara ke Pontianak ditempuh selama 4 jam. Dari Pontianak, kami menggunakan bus ke RSU Bethesda Serukam, selama 6 jam. Kami bermalam di Serukam dan baru melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Bandara Juanda Bandara Supadio Naik Bus

Perjalanan Surabaya - Pontianak - Serukam

Keesokan harinya, tanggal 25 Juni, pukul 05.30, kami berangkat menggunakan bus ke Seluas. Di sini kami harus menggunakan perahu motor ke desa Bumbung, melalui sungai Pinyuh. Penyertaan Tuhan yang pertama kami rasakan adalah, ketika sebelum keberangkatan, kami mendengar kabar bahwa musim kemarau panjang menyebabkan sungai yang harus kami lalui kering. Dan tentu saja tidak bisa dilalui perahu. Namun kami bisa melihat pekerjaan Tuhan, dimana tepat sehari sebelum keberangkatan kami dengan perahu, hujan cukup lebat turun di daerah pegunungan Tamong, sehingga kami bisa menggunakan perahu, walaupun cukup banyak titik-titik sungai yang dangkal yang menyebabkan kami harus mendorong perahu. Jika sungai tidak surut perjalanan melalui sungai ditempuh selama 2,5 Jam. Namun kali ini harus ditempuh selama 4,5 jam. Dari Bumbung, kami masih harus berjalan kaki melewati perbukitan selama 3-4 jam. Dan pada kurang lebih pukul 20.00, tim terakhir akhirnya sampai ke Balai Kesehatan Masyarakat Tamong, tempat kami menginap.

Persiapan perjalanan Sungai Perjalanan Sungai Seluas-Bumbung

Perjalanan Sungai Seluas-Bumbung

Sungai Dangkal Seluas-bumbung Sungai Dangkal Seluas - Bumbung Sungai Dangkal Seluas bumbung

Sungai Dangkal sehingga harus mendorong perahu

Persiapan menuju Tamong Perjalanan Menuju Tamong Perjalanan Menuju Tamong

Perjalanan Menuju Tamong

Pelayanan di Tamong

Misi Kalimantan ini sebelumnya pernah diadakan 3 kali, yaitu pada 20-30 Desember 2009,  20-28 Desember 2010, 26 Agustus - 04 September 2011. Misi ini didukung oleh Rumah Sakit Bethesda Serukam. Mereka mengutus 2 orang Dokter, 2 orang perawat, 3 orang staf Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) , dan 1 lagi adalah Aldo, Alumni Pelayanan Siswa Perkantas Surabaya yang bekerja sebagai staf IT di RSU Bethesda hingga Juni 2012. Pelayanan efektif di Tamong adalah selama 6 hari, dari tanggal 26 Juni hingga 1 Juli 2012. Tanggal 2-3 Juli kami gunakan untuk perjalanan pulang kembali ke Serukam, dan dilanjutkan ke Surabaya.

Desa Tamong Desa Tamong Suasana Desa Tamong

Suasana Desa Tamong

Injil perlu untuk masuk secara menyeluruh ke dalam setiap lapisan masyarakat. Oleh sebab itu kami membagi pelayananan kami menjadi beberapa bagian, yaitu pelayanan visitasi warga, pelayanan kepada hamba Tuhan dan majelis, penyuluhan  pertanian, pelayanan anak-anak, dan pelayanan remaja

Warga Tamong Warga Tamong Warga Tamong

Warga Tamong

Pelayanan Visitasi Warga

Pelayanan Visitasi tahun ini melanjutkan dari apa yang sudah kami kerjakan pada misi yang lalu. Kami berfokus pada 8 warga kunci, dimana kami berusaha menjalin relasi yang dekat dengan mereka, sharing Firman Tuhan dan dan berbagi hidup dengan mereka. Strategi kami untuk bisa dekat dengan mereka adalah dengan berkunjung, ngobrol, dan masak bersama. Tujuan besar kami adalah, warga kunci ini pada akhirnya bisa menjadi orang-orang yang melalui kehidupan mereka, Kristus bisa dikenal oleh seluruh warga Tamong.

Visitasi Warga Tamong Visitasi Warga Tamong Visitasi Warga kunci tamong

Visitasi Warga Kunci

Pelayanan kepada Hamba Tuhan dan Majelis  

Bukan hal yang mudah untuk mengerjakan Pelayanan kepada para majelis, karena keterbatasan mereka dalam membaca dan menulis. Selain itu kondisi dari para pengurus gereja dan majelis pun ini masih jauh dari kesiapan untuk melayani. Ini yang terus menjadi beban doa kami.

Pada misi ini, materi yang kami sampaikan yaitu Membangun Integritas, Membangun Keluarga yang Melayani, dan Pelayanan Doa. Kami rindu agar 10  majelis dan pengurus gereja ini benar-benar memiliki teladan integritas dalam kehidupan pribadi maupun keluarga. dan kami juga mendorong para pengurus gereja untuk memiliki kehidupan doa yang militan. Kami mengajak mereka untuk menghayati konteks hidup jemaat Tamong yang masih sangat dipengaruhi oleh okultisme dan penyembahan berhala, maka militansi dan kesungguhan dalam berdoa dan mendoakan jemaat satu persatu merupakan pelayanan yang harus segera dikerjakan oleh para anggota majelis jemaat ini.

Pelayanan Majelis Tamong Pelayanan Majelis Tamong Majelis Tamong

Pelayanan kepada Majelis Tamong

Selain pembinaan majelis/pengurus gereja Tamong, kami berkesempatan untuk mengadakan pertemuan dengan tim Perangkat Desa Tamong. Pertemuan ini berjalan cukup hangat, karena perangkat desa Tamong memberikan cukup banyak masukan untuk Misi Kalimantan di Tamong ke depan. Kami sangat berharap kerjasama dengan perangkat desa dan pengurus gereja ini dapat semakin sinergis ke depan, agar pembangunan Tamong yang holistik di seluruh aspek kehidupan dapat berjalan makin cepat.

Foto Bersama Perangkat Desa dan Majelis

Foto Bersama Perangkat desa dan majelis

Penyuluhan Pertanian

Pelayanan pertanian kali ini memiliki 3 agenda utama, yaitu; Follow up Misi Kalimantan 3, penyuluhan tanaman karet, dan pemberian benih sayuran dan bibit tanaman obat keluarga.

Penyuluhan Pertanian Foto Bersama Tim Pertanian

Pelatihan Pertanian

Penyuluhan tanaman karet memiliki daya tarik yang cukup besar bagi 24 warga Tamong yang hadir. mereka sangat antusias dalam hal ini. Kami banyak memberikan tips2 penanaman, pemupukan, dan penorehan karet yang tepat bagi warga, karena selama ini, mereka belum melakukan proses itu dengan tepat, dan tentu saja berpengaruh pada getah karet yang dihasilkan.

Penyuluhan Karet Penyuluhan karet Penyuluhan Karet

Penyuluhan tanaman karet

Benih sayuran yang kami berikan diantaranya yaitu; sawi, kangkung, cabai var. Gandul, cabai merah besar, jagung, dan bibit manisa. Sedangkan  bibit tanaman obat keluarga yang diberikan adalah jahe, kencur, kunyit, kunci, kunir, laos, dan temulawak.  sebenarnya warga Tamong sudah cukup mengenalnya, akan tetapi belum memahami bahwa tanaman-tanaman itu bisa digunakan sebagai obat.

Pembagian Bibit Pembagian Bibit Penyuluhan Pertanian

Pembagian bibit dan penyuluhan tanaman obat keluarga

 

Pelayanan Remaja

Berakar dalam Kristus. Itulah tema yang diangkat untuk pelayanan remaja. Bagaimana Remaja Tamong bisa berakar dalam Kristus? Yang pertama remaja Tamong yang terdiri dari 36 orang ini harus terlebih dahulu mengenal Kristus sebagai satu-satunya Tuhan, lebih dari tradisi-tradisi adat dan nenek moyang mereka. untuk itu kami kembali lagi mengabarkan injil ke mereka, untuk meneguhkan pengenalan mereka akan Kristus. Yang kedua, remaja perlu untuk bergaul erat dengan Firman Tuhan. Oleh sebab itu kami melatih mereka untuk saat teduh sederahana, dengan bahan yang telah kami susun untuk 4 bulan. Di dalam kelompok kecil, kami berproses bersama, belajar bersama, latihan bersama, sharing, dan lewat kedekatan yang ada, injil lebih mudah untuk masuk ke mereka.

Pelayanan Remaja Tamong Pelayanan Remaja Tamong Pelayanan Remaja Tamong

Pelayanan Remaja Tamong

Kami terus mendoakan agar Ada orang-orang yang mau untuk tinggal di sana menjadi guru, sekaligus menjadi pemimpin kelompok kecil bagi remaja Tamong, karena mereka sangat membutuhkan figur teladan yang mau tinggal bersama-sama mereka. Terus doakan pelayanan remaja, karena ketika generasi ini sungguh-sungguh mengenal Tuhan, ada sebuah harapan bagi Tamong

Pelayanan Remaja Tamong Pelayanan Remaja Tamong

Remaja Tamong

Pelayanan Anak

Kurang lebih 150 anak Tamong yang kami layani, dan kami sungguh merasakan betapa hausnya anak-anak Tamong akan injil. Tidak mudah untuk menyampaikan Firman Tuhan bagi anak-anak yang sangat terbatas kemampuan berbahasa indonesia, serta kemampuan membaca dan menulis. Namun kami belajar bahwa bahasa terbaik dalam memberitakan injil adalah kasih. Kami bermain bersama mereka, memeluk mereka, mengajarkan mereka berdoa dan membaca Firman di dalam kelompok-kelompok kecil. Kami juga mengulang kembali materi kebersihan yang sudah kami ajarkan pada misi sebelumnyya seperti manfaat dari mandi dan gosok gigi. kami terus berdoa agar benih-benih injil yang sudah ditabur dalam hati anak-anak terus bertumbuh. Karena di tangan merekalah masa depan Tamong berada

Anak Tamong Anak Tamong Sikat gigi bersama

Kelompok Kecil Anak Anak Tamong Anak Tamong

Anak Tamong

KKR dan Ibadah Minggu

Selain melakukan pelayanan di dalam tim-tim, kami juga mengadakan KKR di Tamong. Dan mengucap syukur, dari Ibadah KKR dan Ibadah penutup yang kami lakukan, ada 11 orang yang mau menerima Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat, dan ada 16 orang yang mau mengambil komitmen untuk meninggalkan dosa.

Terus doakan agar benih-benih injil yang sudah ditabur dan mulai bertumbuh, tetap terjaga pertumbuhannya. Dan kami rindu, melalui injil yang hidup dalam diri mereka, suatu saat, akan hadir generasi warga Tamong yang takut akan Tuhan. Dari remaja Tamong, akan hadir generasi Masa depan Tamong yang terdidik, berintegritas, dan mencintai Tuhan, dan dari anak-anak Tamong, akan bangkit generasi yang siap membangun Tamong dan membangun Indonesia.. 

Tim Mika

Tim Misi Kalimantan 4

 

KISAH LENGKAP PERJALANAN TIM MISI KALIMANTAN  :

Pelayanan Anak                                        :    MENJADI ALAT BAGI ANAK-ANAK TAMONG

Pelayanan  Remaja                                   :   BERAKAR DALAM KRISTUS

Pelayanan  Visitasi                                   :   MASUK DALAM KEHIDUPAN MEREKA DAN BERDOA 

Pelayanan  Majelis GPIBI Tamong    :   PELAYANAN BAGI MAJELIS DAN PENGURUS GEREJA

Pelayanan  Pertanian                               :   PENYULUHAN PERTANIAN BAGI WARGA TAMONG

Liputan Misi Kalimantan 4 - 2012       :   KASIH BAGI WARGA DI NEGERI DI ATAS AWAN!

 

PERJALANAN TIM MISI KALIMANTAN  SEBELUMNYA :

Misi Kalimantan 1 - 2009                             : DI SINI JUSTRU INDONESIA

Misi Kalimantan 2 - 2010                             : START THE MISSION!!

Misi Kalimantan 3 - 2011                             :  HARAPAN ITU NYATA!

 

 


Topik Terkait :
PENYULUHAN PERTANIAN BAGI WARGA TAMONG - Jurnal Pelayanan Misi Kalimantan 4 ke Desa Tamong - Kalimantan Barat, 24 Juni - 3 Juli 2012
PELAYANAN BAGI MAJELIS DAN PENGURUS GEREJA - Jurnal Pelayanan Misi Kalimantan 4 ke Desa Tamong - Kalimantan Barat, 24 Juni - 3 Juli 2012
MASUK KE HIDUP MEREKA DAN BERDOA - Jurnal Pelayanan Tim Visitasi - Misi Kalimantan 4, 24 Juni – 3 Juli 2012
BERAKAR DALAM KRISTUS - Jurnal Pelayanan Tim Remaja – Misi Kalimantan 4, 24 Juni – 3 Juli 2012
Menjadi AlatNya bagi Anak-anak Tamong - Jurnal Pelayanan Tim Anak – Misi Kalimantan 4, 24 Juni – 3 Juli 2012
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

LENGKAPI DATA ANDA

Evangelism Training and Gath...
Evangelism Training and Gathering PKK-CPKK, 11 Maret 2016, Pukul 10.00-15.00 WIB &12 Maret 2016, Pukul 14.00-16.00 WIB di Tenggilis Mejoyo KA 10 Surabaya, Cp: Ria (0852 5080 0088)...
Kamp Kelompok Tumbuh Bersama...
Kamp Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) Surabaya, 3-5 Februari 2017, Tempat Villa Dharmaningsih, Pacet Mojokerto, Pembicara Dr. Iman Santoso, Ev. Anggriadi Ricky M.Div, Ev. Anthon Kathoba M.Div, Akhung Ber...
Kamp KTB Mahasiswa 2016 - Fo...
Pemuridan dalam dunia mahasiswa dikerjakan dengan tujuan menghadirkan pribadi-pribadi yang mengenal, mengalami, dan mengandalkan Kristus dalam seluruh aspek hidupnya. Hal ini kelak akan memberikan pen...
Kamp KTB Mahasiswa 2012 :THE...
Kamp Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) adalah salah satu wadah yang dapat dipergunakan untuk mempersiapkan dan membekali para CPKK. Tidak hanya itu, para PKK yang sudah menggeluti pelayanan ini pun, dapat...
Lihat Semua Kegiatan >>


1001633

Saat ini ada 44 tamu dan 0 online user