Email: Password:   Lupa Password?
Menjadi AlatNya bagi Anak-anak Tamong - Jurnal Pelayanan Tim Anak – Misi Kalimantan 4, 24 Juni – 3 Juli 2012
oleh Evelin Corina *: 04-09-2012, Dibaca: 1999 kali

Dalam kisah kehidupan Yesus selama di dunia, Ia pernah mengajarkan bahwa barangsiapa tidak berlaku seperti seorang anak maka ia tidak layak untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah. Bahkan ketika para murid ingin menghalangi anak-anak ketika Yesus sedang mengajar, justru Yesus membela anak-anak itu dan menumpangkan tangan atas anak-anak.

Yesus sendiri menunjukkan bahwa anak-anak itu pun berharga serta mampu memberikan teladan hidup yang justru berkenan dalam Kerajaan Allah. Anak-anak bukanlah makhluk lemah dan tak tahu apa-apa. Begitu pula dengan anak-anak yang ada di Tamong, yang juga pasti sangat dikasihi oleh Allah. Allah rindu melalui pelayanan Tim MIKA 1-4, anak-anak di sana bisa mengenal Tuhan yang benar, yang layak dijadikan idola dalam hidup mereka, serta menjadi satu-satunya Tuhan yang layak disembah.

 

Anak tamong Anak Tamong

Anak Tamong

Kali ini Tim Anak dalam perjalanan MIKA keempat terdiri dari 10 orang, 7 orang berasal dari Tim Perkantas Jatim dan 3 orang merupakan perwakilan dari RSU Serukam dan PKMD.

Tim pelayanan Anak Tamong

10 orang anggota Tim Pelayanan Anak

Dengan menyatukan hati untuk melayani anak-anak Tamong, Tim Anak membawa tema besar yaitu Bertumbuh dalam Yesus dengan jargon yang penuh semangat, “Anak Tamong bertumbuh dalam Yesus, Uyeee!!” Pelayanan Tim Anak bertempat di sekolah dan berlangsung pada pukul 09.00 sampai sekitar pukul 3 sore setiap harinya. Pukul 12 biasanya mereka diminta untuk beristirahat selama satu jam untuk makan siang setelah itu kembali lagi ke sekolah untuk mengikuti aktivitas selanjutnya. Antusiasme anak-anak selalu terlihat sehingga mereka juga mau diminta kembali lagi ke sekolah.

Kelas Anak di tamong Kelas Anak di Tamong

Anak-anak tamong di kelas

Bertumbuh dalam Yesus. Tema ini merupakan follow up dari pelayanan MIKA 3. Setelah anak-anak mengenal Yesus, menjadikan Yesus sebagai pahlawan, lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya dalam hidup mereka? Karena itulah mengajak mereka untuk mulai rajin berdoa dan membaca Alkitab menjadi tujuan utama dalam pelayanan anak. Pertumbuhan tidak akan pernah terjadi ketika kita tidak mengenal Sang Pemilik Hidup. Atau kita mengaku mengenal tapi jarang bahkan tidak pernah berinteraksi denganNya. Memang bisa dibilang berat ketika mengajak anak-anak untuk berdoa apalagi membaca Alkitab. Cukup banyak dari mereka yang masih belum bisa membaca dan menulis. Apalagi dengan sikap sebagian besar mereka yang malu-malu, cukup susah untuk meminta mereka untuk berdoa sendiri. Tapi Puji Tuhan, Tuhan boleh selalu menguatkan Tim Anak dan bisa mengajari mereka hingga hari terakhir.

Anak Tamong Berdoa Pelayanan bagi Anak Tamong

Metode mengajar dititikberatkan pada roleplay dan kelompok kecil. Penyampaian materi tentang Yesus adalah satu-satunya Tuhan diangkat dalam kisah Bolang yang merupakan lanjutan cerita dari MIKA 3. Tuhan Yesus dibandingkan dengan pohon dan dukun, dimana konsep ceritanya disesuaikan dengan kondisi warga Tamong yang masih menganut paham dinamisme dan animisme. Dalam roleplay diajarkan bahwa pohon dan dukun adalah makluk ciptaan Tuhan juga jadi mengapa harus menyembah ciptaan jika Sang Pencipta itu ada.

Pelayanan melalui Role Play Pelayanan melalui Kelompok kecil

Pelayanan Anak Dalam Bentuk Roleplay dan Kelompok Kecil

Lalu bagaimana cara kita bisa menyembah Pencipta itu? Dengan cara berdoa dan membaca Alkitab. Hari pertama mengisahkan perjalanan Bolang yang sudah mengenal Yesus sebagai Tuhan yang benar tapi teman-temannya masih banyak yang menyembah pohon dan dukun. Hari kedua Bolang mau sungguh-sungguh mengikut Yesus dan melepaskan segala keterikatan dengan ciptaan yang dulu disembah. Di hari yang kedua ini, anak-anak juga ditantang apakah mereka mau untuk melepaskan segala bentuk penyerahan diri terhadap berhala seperti patung, pohon, ataupun dukun.

Mengajarkan Firman Tuhan dalam kelompok Mengajarkan Firman Tuhan dalam kelompok

Mengajarkan Firman Tuhan melalui cerita Alkitab bergambar

Setelah materi secara garis besar disampaikan lewat roleplay, anak-anak diajak untuk masuk dalam kelompok-kelompok kecil. Dalam kelompok kecil mereka bisa lebih saling berinteraksi tentang materi, baik dengan kakak-kakak yang melayani maupun dengan sesama teman. Awalnya mereka memang selalu malu-malu tapi di hari-hari selanjutnya mereka mulai berani berpendapat dan berekspresi. Di dalam kelompok kecil, anak-anak diajak untuk mengingat kembali pesan penting yang ditunjukkan lewat roleplay sehingga bisa dilihat siapa yang menangkap pesannya dan siapa yang tidak. Kelompok kecil juga menjadi sarana bagi Tim untuk belajar bahasa Tamong, salah satunya menyebutkan urutan penciptaan dalam Bahasa Tamong. Kedekatan akan semakin terjalin ketika kita bisa mengerti bahasa yang digunakan oleh mereka. Selain roleplay dan kelompok kecil, mereka juga diajak untuk bermain beberapa games sederhana namun terlihat mereka sangat menikmati.

Bermain bersama Anak Tamong Bermain bersama Anak Tamong

Bermain bersama anak Tamong

Selain Materi-materi di atas, kami juga mengulang kembali materi kebersihan yang dalam setiap misi ke Tamong kami ajarkan. di antaranya pentingnya mandi, gosok gigi, cuci tangan, dan membuang sampah pada tempatnya. Kami menampilkan juga akibat-akibat yang bisa terjadi jika kebersihan tidak di jaga dengan baik.

Mengajarkan materi kebersihan Mengajarkan materi kebersihan

Mengajarkan gosok gigi

Secara pribadi, hati untuk anak-anak ini memang baru muncul ketika saya berada di sana. Setiap hari berkumpul bersama mereka menimbulkan semacam rangkaian harmoni yang berbeda. Ada suatu sukacita, di satu sisi sedih dan prihatin. Melayani mereka dan bisa melihat mereka tertawa riang adalah sukacita tersendiri, karena sebenarnya mereka hidup dalam segala macam keterbatasan. Beberapa dari anak-anak memang sudah bersekolah tapi sebagian masih sangat kurang dalam membaca, menulis, dan berhitung. Tapi harus saya akui bahwa mereka adalah anak-anak yang kuat, yang sehari-harinya dibentuk oleh perjuangan untuk bertahan hidup dan kaki yang kuat untuk turun naik bukit =) Anak-anak yang sejatinya memiliki masa depan yang masih sangat cerah tapi ironisnya mereka tak punya mimpi atau cita-cita. Mereka tak terbiasa dengan motivasi dan kerja keras untuk pendidikan.

Bersama anak-anak Tamong Bersama anak-anak tamong

Bersama anak-anak Tamong

Ya, sampai kapan pun Tuhan Yesus mengasihi mereka dan Tuhan ijinkan kami, Tim Anak, untuk mengenalkan bahwa Yesus ada dan menciptakan mereka untuk sebuah tujuan yang mulia. Pasti sangat susah dan mungkin buahnya baru dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama. Tapi biarlah kami tetap setia mengerjakan bagian ini dan setia mendoakan mereka dari jauh.

Anak Tamong - Misi Kalimantan 4 - 2012

*Penulis adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi UK Petra Angkatan 2008 yang merupakan anggota Tim Pelayanan Anak Misi Kalimantan Perkantas

 

 

KISAH LENGKAP PERJALANAN TIM MISI KALIMANTAN  :

Pelayanan Anak                                        :    MENJADI ALAT BAGI ANAK-ANAK TAMONG

Pelayanan  Remaja                                   :   BERAKAR DALAM KRISTUS

Pelayanan  Visitasi                                   :   MASUK DALAM KEHIDUPAN MEREKA DAN BERDOA 

Pelayanan  Majelis GPIBI Tamong    :   PELAYANAN BAGI MAJELIS DAN PENGURUS GEREJA

Pelayanan  Pertanian                               :   PENYULUHAN PERTANIAN BAGI WARGA TAMONG

Liputan Misi Kalimantan 4 - 2012       :   KASIH BAGI WARGA DI NEGERI DI ATAS AWAN!

 

PERJALANAN TIM MISI KALIMANTAN  SEBELUMNYA :

Misi Kalimantan 1 - 2009                             : DI SINI JUSTRU INDONESIA

Misi Kalimantan 2 - 2010                             : START THE MISSION!!

Misi Kalimantan 3 - 2011                             :  HARAPAN ITU NYATA!


Topik Terkait :
PENYULUHAN PERTANIAN BAGI WARGA TAMONG - Jurnal Pelayanan Misi Kalimantan 4 ke Desa Tamong - Kalimantan Barat, 24 Juni - 3 Juli 2012
PELAYANAN BAGI MAJELIS DAN PENGURUS GEREJA - Jurnal Pelayanan Misi Kalimantan 4 ke Desa Tamong - Kalimantan Barat, 24 Juni - 3 Juli 2012
MASUK KE HIDUP MEREKA DAN BERDOA - Jurnal Pelayanan Tim Visitasi - Misi Kalimantan 4, 24 Juni – 3 Juli 2012
BERAKAR DALAM KRISTUS - Jurnal Pelayanan Tim Remaja – Misi Kalimantan 4, 24 Juni – 3 Juli 2012
KASIH BAGI WARGA NEGERI DI ATAS AWAN - Catatan Perjalanan Misi Kalimantan 4 - Desa Tamong - Kalimantan Barat
0 Komentar
Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

LENGKAPI DATA ANDA

Gathering Misi Kalimantan 20...
Gathering Misi Kalimantan, 17 April 2016, Pkl. 17.00 WIB, Jl. Tenggilis Mejoyo KA-10 Surabaya, Pembicara Harry Limanto, M.Div....
Sharing Misi “Bersaksi di te...
Sharing Misi “Bersaksi di tengah Kesibukan”, oleh Johan Kusmanto, 25 Juni 2015, Pukul 17.30-21.00 WIB di Perkantas Surabaya, Jl. Tenggilis Mejoyo KA-10 ...
Misi Kalimantan 2, Desa Tamo...
Sepanjang perjalanan sejarah misi Kristen gerakan mahasiswa berperan sangat besar. Mahasiswa merupakan sumber daya manusia yang sangat potensial karena mereka memiliki kemampuan intelektual dan semang...
MISI KALIMANTAN 1 : Serukam...
Aku ini TUHAN, telah memanggil Engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu. Aku akan membuat Engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung...
Lihat Semua Kegiatan >>


975270

Saat ini ada 20 tamu dan 0 online user