Pokok Doa  |  Link
Email: Password:   Lupa Password?
Liputan Kamp Nasional Mahasiswa 2010
oleh Akhung Berithel Ina: 23-08-2010, Dibaca: 2866 kali

Bapa, ini tekad kami Berlaku adil setia rendah hati

Berjuang tegakan k’rajaan-Mu Beritakan injil Kristus

Bapa, teguhkan kami, tuk sangkali diri hidup mengabdi

Taat pada pimpinan Roh Mu, setia tekuni panggilan-Mu

 

Petikan lagu tema yang terus dikumandangkan selama 6 hari 5 malam pada Kamp Nasional Mahasiswa, 12-17 Agustus 2010, di Wisma Kinasih-Bogor menjadi sebuah ungkapan komitmen bersama lebih dari 800 peserta yang berasal dari berbagai daerah, untuk berani berjuang melalui segala bidang kehidupan, untuk menyatakan terang Kristus di dunia, sesuai dengan tema Kamp Nasional Mahasiswa kali ini: Biarlah Umat-Mu Nyatakan Terang-Mu

KNM kali ini diikuti oleh 41 Kota di seluruh Indonesia. Bahkan ada juga beberapa peserta dari Singapura, yang merupakan Mahasiswa Indonesia yang berkuliah di negara tetangga tersebut, dan dibina oleh Fellowship of Evangelism Student (Perkantas Singapura). Perkantas Jawa Timur sendiri mengutus 111 Peserta dan 17 Staf dari daerah-daerah pelayanan Perkantas Jawa Timur, antara lain Surabaya (65 Peserta), Jember (12 Peserta), Malang (29 Peserta), Kediri (4 Peserta), dan Mataram (1 Peserta).

Peserta KNM Surabaya  Peserta KNM Surabaya

Peserta KNM Surabaya

Sungguh sebuah sukacita yang luar biasa, ketika melihat mahasiswa dari berbagai daerah, dari berbagai latar belakang suku dan budaya bisa bersatu dan bersehati, dengan satu tekad untuk menyatakan terang Tuhan di bangsa ini. Hal ini nampak pada acara pembukaan, dimana setiap daerah menampilkan ciri khas daerahnya masing-masing. Mengingatkan kita akan betapa kaya dan beranekaragamnya bangsa Indonesia, dan betapa indahnya jika segala keberagaman itu bisa dipersembahkan untuk mempermuliakan Tuhan.

Pakaian Adat Daerah  Tarian Daerah

Pakaian dan Tarian Daerah

KNM kali ini mengundang pembicara-pembicara dari berbagai kalangan, tidak hanya dari kalangan rohaniwan, tapi juga dari para praktisi dan professional di bidangnya, diantaranya Gideon Yung , Jonathan Parapak, Yonky Karman, J.E Sahetappy, Fary Djamy Franscis, Gunarto, Antonius Tanan, dan masih banyak lagi, yang banyak menolong peserta untuk melihat kembali realita bangsa dan menantang peserta untuk mau mengambil bagian demi transformasi bangsa.

Eksposisi

Eksposisi yang dibawakan oleh mr. Gideon Yung (IFES Associate General Secretary) selama 5 kali, mengupas secara dalam tentang kitab Yesaya, dengan 5 tema yang menarik:

What’s wrong with our worship today?

What’s wrong with us today?

What’s wrong with our mission today?

What’s wrong with our values today?

Vision of a Bright Future after Judgement

Lewat eksposisi ini, peserta diajak untuk melihat dukacita Tuhan, ketika melihat umat Israel yang seharusnya mampu memancarkan Terang Allah, justru tidak peduli dengan permasalahan sosial, kemiskinan, ketidakadilan, dan merasa bahwa ibadah mereka sudah cukup layak di hadapan Tuhan. Umat Israel begitu peduli terhadap detil-detil hukum Taurat, namun mengabaikan keadilan, kebenaran, dan kesetiaan.  Sadar tidak sadar, hal inilah yang sedang menjangkiti gereja saat ini, dimana seringkali orang Kristen merasa puas ketika sudah beribadah dan menjalankan berbagai kegiatan agama, tapi sama sekali tidak peduli dengan realita sosial yang ada.

Seminar dan Diskusi Panel

Ada 3 seminar dan 1 diskusi panel yang banyak membuka mata peserta untuk mulai berjuang untuk mewujudkan keadilan dan kebenaran itu di tengah kondisi bangsa yang terpuruk. Tema-tema seminar dan diskusi panel yang diangkat antara lain :

  • Seminar 1: Transformasi Masyarakat, Oleh Yonky Karman dan Daniel Adi Pranata
  • Seminar 2: Kegelapan Indonesia I: Krisis Martabat Bangsa, Oleh Prof. J.E Sahetapy dan Fary Djemy Franscis
  • Seminar 3: Kegelapan Indonesia II: Krisis karakter Bangsa, oleh Gunarto dan Lody Paat
  • Diskusi Panel : Kegagalan Umat Allah:Tinjauan Kritis atas peran serta Umat Allah di Indonesia, Oleh Yonky Karman dan Tadius Gunadi

Lewat seminar dan diskusi panel ini, benar-benar membukakan realita bangsa Indonesia yang terpuruk, dan menantang mahasiswa Kristen untuk tidak tinggal diam dan sibuk dengan diri sendiri saja, tapi benar-benar mau untuk ikut serta dalam proses transformasi bangsa.

Kapita Selekta Profesi

Kapita selekta dibagi berdasarkan minat dari masingmasing peserta. Dengan adanya kapita selekta dari berbagai bidang yang ada seperti pendidikan, media, IT, politik, dan lain-lain, peserta dibukakan akan nilai strategis dari setiap latar belakang keilmuan, dan menantang pesrta bahwa sudah saatnya muncul generasi-generasi muda yang tidak sekedar baik secara moral, tapi punya visi dan kerinduan yang kuat untuk menyatakan terang Allah melalui setiap bidang kehidupan.

Testimoni Peserta

Berikut beberapa kesan dari peserta KNM 2010 :

Suharto WibowoBersyukur pada Tuhan, bahwa saya diberi kesempatan untuk ikut KNM. Melalui KNM ini, saya dibukakan tentang realita bangsa yang sebenarnya. Dan melalui pelayanan Kristus, saya diajar untuk menjadi seorang hamba, dimana seorang hamba harus berintegritas, taat pada kehendak Tuhan, berani bayar harga, dan berbuat kasih pada sesama

Suharto Wibowo, ketua panitia lokal Surabaya

Teknik Kimia UPN-2006

 

Irving Paul GirsangDalam kamp ini, saya sungguh takjub ketika bertemu dengan begitu banyak teman-teman, lama dan baru, saat pulang ke tanah air kali ini. KNM 2010 adalah salah satu kamp yang paling signifikan dalam hudpku. Selama seminggu, Tuhan benar-benar mengusik kehudupanku dalam terang dan identitasku sebagai anak Tuhan dan anak bangsa. Aku dibukakan tentang keadaan bangsa dan keadaan diriku sendiri yang ternyata masih jauh dari standar-Nya. Kehadiran kebenaran Firman, kesaksian, dan sharing dari teman-teman serta contoh dari alumni benar-benar menguatkanku untuk mengambil komitmen-komitmen baru dalam hidup. Terima kasih KNM 2010!

Irving Paul Girsang

Nanyang Technology University, Singapura

Teknik Mesin, 2007

 

Ayuningsih Pertama kalinya dalam hidupku, merasa sangat terbeban dengan negeri dan bangsaku. Dahsyat pokoknya. Tuhan berbicara banyak dalam hidupku. Menyadari kalo selama ini saya belum cukup bisa jadi terang dan garam, bukan hanya di lingkungan sendiri, tapi juga bagi bangsaku. Tiap hal baru yang kutemukan membuatku tertantang untuk tetap setia jadi murid, berintegritas, dan berani bayar harga.

In Jesus Grace

Ayuningsih

Peserta asal Palu-Sulawesi Tengah

 

Novita SianiparBersyukur kepada TUHAN untuk segala hal yang kudapat ditempat ini. Tidak ada kata di atas terimakasih yang dapat kusampaikan sebagai ungkapan syukur untuk setiap kebaikan Tuhan. Apa yang kudapat disini jauh lebih dari yang kuharapkan. Di sini aku juga benar-benar mengerti kenapa panggilan hidup itu sesuatu yang sangat penting. Dan di sini, aku semakin menemukan hidupku. Semoga semangat KNM akan selalu hidup selama hidupku. Bersinar terang…. Bersinar terang…. Bersinar terang….

With Love,

Novita Sianipar

Peserta asal Medan-Sumatera Utara

 

Nova ReginaBersyukur sekali kepada Tuhan, Karena aku bisa ikut KNM tahun ini. Yang aku dapat sepanjang camp ini, aku jadi mengerti apa sebenarnya arti panggilan hidup itu. Aku di sini juga belajar untuk menyerahkan hidup ke tangan Tuhan. Apapun panggilan hidup yang Tuhan rencanakan kepada aku, aku percata itulah yang terbaik bagiku. Aku berharap semoga KNM berikutnya juag membawa berkat bagi-peserta seperti yang aku rasakan.

Nova Regina

Mahasiswa Sastra Inggris

Universitas Diponegoro, Semarang

 

Titin WitantiBersyukur bisa mengikuti KNM 2010. Banyak hal yang kudapat dan kunikmati. Berharap semua teman-teman yang mengikuti KNM bisa menikmati juga moment ini.

Titin

Peserta asal Jakarta

 

Daniel RichardBersyukur boleh mengikuti KNM 2010. Banya hal yang aku dapat, semangat untuk melayani dari sharing teman-teman pesrta KNM yang lain. Firman Tuhan yang boleh menguatkan untuk menjadi pemuda yang berani nyatakan terang dan garam, dan tetap berserah penuh kepada pemeliharaan Tuhan.

Daniel Richard

Mahasiswa IPB, Bogor-Jawa Barat

 

membayangkan mengikuti sebuah kamp nasional mahasiswa dengan peserta 1000 orang dari SELURUH INDONESIA sungguh sangat luar biasa! Apalagi ketika mengetahui tema yang diusung adalah "Biarlah Umat-Mu Nyatakan Terang-Mu" sungguh-sungguh membuatku yakin bahwa ini akan menjadi proses yang luar biasa... dan ternyata benar! Merasakan penyertaan dan kehadiran yang begitu nyata bagi setiap yang hadir, terkhususnya merasakan penyertaan serta konfirmasi personal secara spesifik buat saya secara pribadi melalui setiap eksposisi, seminar, diskusi panel, kapsel, kelompok kecil, sharing, fellowship, dan pujian yang ada di tiap2 hari nya... Benar-benar diteguhkan untuk berjalan maju meninggalkan semua yang di belakang, menghapus semua ketidakmungkinan dan keputusasaan dalam melihat realita bangsa, dan percaya rencanaNya tidak akan gagal dan pasti terlaksana! dan sebuah panggilan yang begitu mulia bagi setiap kita anak-anakNya untuk menjadi terangNya harus benar-benar disyukuri, diresponi dan digumuli secara serius. Karena merupakan suatu hal yang luar biasa kita umat yang berdosa diperkenankan terlibat dalam rencana Allah yang besar bagi dunia ini. Turut serta menjadi terang dalam setiap bidang kehidupan sesuai dengan talenta dan panggilan yang sudah Ia berikan. Sampai akhirnya Ia mendapat kita tetap setia... KNM 2010...!! Bersinar Terang!!

Hestin Klaas

Alumni Teknik Elektro-2005

UK Petra-Surabaya

 

Sudah saatnya mahasiswa Kristen tidak tinggal diam saja melihat pergumulan bangsa ini. Transformasi Bangsa bukanlah sesuatu yang mustahil. Biarlah Umat Tuhan, Nyatakan Terang TUHAN. KNM 2010...!! Bersinar Terang!!

KNM 2010

 


Topik Terkait :
GEBYAR DISKON 50% selama KNM
7 Komentar
opini
oleh vici, 2010-08-23 16:29:11

semoga spiritnya tidak hanya berkobar 1-3 bulan kedepan ya kawan-kawan,  tapiini sdalah sesuatu yang harus kita realisasikan dan ini sesuatu yang harus dengan sungguh-sungguh kita gumulkan bila perlu kita doakan tiap hari. BERSINAR dan BARCAHAYALAH..SDG

Silahkan Memberi Testimoni/Kesan Anda tentang KNM
oleh Admin, 2010-08-23 22:26:25

Bagi para Peserta KNM yang ingin memberikan pesan, silahkan melalui komentar. Anda harus terlebih dahulu login untuk bisa memberi komentar. jika Anda belum pernah terdaftar, Silahkan daftarkan diri Anda di SINI,  kemudian Anda akan bisa login dan memberi komentar

Kesannn
oleh Patrick, 2010-08-30 19:58:38

wahhh.. asngat terberkati dengan kamp ini. Banyak kofirmasi yang didapat di sini.

Kapsel Profesinyapun oke punya. Eksposisinya juga sistematis sekali. Orang awampun jadi cepat mengerti..

GBU BESRINRA TERANG.... ^^

THANKS
oleh SAM, 2010-08-31 18:27:06

THANKS buat KNM 2010...


bisakag saya meminta slide/data2 ttg indonesia such as: data pendidikan, korupsi dll yg ditampilakan di KNM??? mau buat slide utk gereja


MAULIATE

horas... SAM dari medan

@SAM
oleh Admin, 2010-09-01 11:14:12

Untuk slide/data2 di KNM sampe sekarang kami dari Jatim juga belum memperoleh dari Panlak Bandung.. so, mungkin coba kontak langsung panlak via panitia lokal atau staf di Medan..

 

God Bless

Apa sudah terima?
oleh Angie, 2011-02-24 09:39:38

Halo..

Aku Angel Supit, panlak KNM 2010 dari Publikasi dan Dokumentasi (PUBDOK).

Tentang dokumentasi dan slide, apa sudah terima CD yang dikirimkan melalui nasional?

CD KNM 2010
oleh Admin, 2011-02-24 09:58:14

Hai Angie.. CDnya sudah di terima sejak beberapa bulan lalu..

Thanks ya..

GB

Anda harus Login untuk memberi komentar

| Find Us on Facebook  

LENGKAPI DATA ANDA

KASIH BAGI WARGA NEGERI DI ATA...
30-07-2012, Dibaca: 1017
4 tahun Tuhan memimpin Perkantas Surabaya untuk mengerjakan pelayanan misi ke de...
Berita PMK Kota Surabaya : Bul...
09-04-2012, Dibaca: 824
Kemajuan teknologi tidak menghalangi kita untuk tetap menyaksikan nama-Nya... Se...
MOVING TOGETHER IN GOD`S MISSI...
09-02-2012, Dibaca: 936
Momen pergantian pengurus atau regenerasi kali ini dilaksanakan tgl 21-22 januar...
DISCIPLESHIP IN GOOGLE GENERAT...
23-11-2011, Dibaca: 1207
Sungguh sebuah sukacita ketika melihat sekitar 200 orang mahasiswa berbondong-bo...
Lihat Semua Berita >>
Kamp KTB Mahasiswa 2012 :THE...
Kamp Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) adalah salah satu wadah yang dapat dipergunakan untuk mempersiapkan dan membekali para CPKK. Tidak hanya itu, para PKK yang sudah menggeluti pelayanan ini pun, dapat...
Malam Pemuridan 8 : DISCIPLE...
MASIH RELEVANKAH PEMURIDAN DI TENGAH SEGALA SESUATU YANG SERBA CEPAT INI? DAPATKAH MURID SEJATI LAHIR MELALUI PROSES YANG INSTAN, CEPAT, DAN MUDAH? HARUSKAH PEMURIDAN MENGIKUTI POLA DUNIA YANG BEGIT...
KAMP REGIONAL BERSAMA (KRB) ...
Tujuan Umum: Membentuk pemimpin yang misional yang memiliki integritas hidup dan kualitas hidup sesuai dengan kehendak Tuhan dan mampu merealisasikan dalam sekolah, kampus, gereja, masyarakat, dan n...
Misi Kalimantan 2, Desa Tamo...
Sepanjang perjalanan sejarah misi Kristen gerakan mahasiswa berperan sangat besar. Mahasiswa merupakan sumber daya manusia yang sangat potensial karena mereka memiliki kemampuan intelektual dan semang...
Lihat Semua Kegiatan >>


27869

Saat ini ada 9 tamu dan 0 online user