more"/> more">
Menanggalkan Kedok Ke-Farisian-Kita -
Last Updated : May 10, 2019  |  Created by : Administrator  |  200 views

Report Retreat Staf dan BPC-BPR Perkantas Regional Jatim 2019 

 

Pada tanggal 26-28 April 2019, Perkantas regional Jawa Timur menyelenggarakan Retreat Staf dan BPC-BPR. Tema retreat kali ini adalah “Menanggalkan Kedok Ke-Farisian-Kita." Dilaksanakan di Rumah Retreat “Sarfat” Batu, serta diikuti tujuh puluh peserta yang terdiri dari 54 staf Perkantas Jatim (termasuk Mataram dan Bali), 5 orang BPC, dan 11 orang BPR, retreat kali ini diselenggarakan dengan pola yang berbeda dengan bentuk retreat Perkantas pada umumnya. Peserta, khususnya staf, diarahkan untuk lebih banyak berinteraksi secara personal dengan Allah dan Alkitab dalam jam-jam retreat pribadi.  

Sebelum mengikuti acara ini peserta diarahkan untuk membaca 2 artikel tentang kefarisian bersumber dari Matius 23. Dalam sesi pertama yang disampaikan oleh Kak Iis Achsa, peserta diajak untuk mempelajari teguran keras Yesus Kristus kepada ahli taurat dan orang Farisi melalui Eksposisi Matius 23. Sesi ke-2, dalam bentuk kapita selekta, peserta staf dibagi berdasarkan lama pelayanan. Staf-staf yang melayani di bawah lima tahun mengikuti sesi tentang Pola Hidup Staf bersama Ev. Harry Limanto, M.Div. Sedangkan staf madya dan senior (dengan masa pelayanan di atas lima tahun) mengikuti sesi Pengenalan Pribadi bersama Ev. Iis Achsa, M.K., yang lebih mengarahkan peserta untuk membaca dan menganalisa hasil tes psikologi (MMPI) pribadi masing-masing. 

Dimulai dari jam doa malam hingga menjelang makan siang keesokan harinya seluruh peserta “diundang” untuk menikmati retreat pribadi, sendiri bersama Allah dan firman-Nya. Mengizinkan Allah untuk berbicara secara langsung dan personal melalui firman-Nya menolong peserta untuk menanggalkan topeng kefarisiannya, dan disegarkan kembali untuk menatap pelayanan ke depan. Ada sebuah teguran dan peneguhan dalam kesendirian bersama Allah dan firman-Nya. Di hari kedua para staf dan BPR juga diundang untuk berbahagia bersama di tempat wisata Selecta, Batu. Menikmati keindahan alam dan wahana yang ada secara bersama-sama menolong kami untuk dapat semakin dekat satu sama lain.  

Dalam retreat kali ini, peserta juga diarahkan untuk masuk dalam diskusi (PA) kelompok, sehingga peserta dapat saling membuka diri dengan cermin kebenaran Alkitab. Sesi penutup di hari Minggu, yang sekaligus menjadi sesi Ibadah Minggu, dilayani oleh Ev. Harry Limanto, M.Div., yang mengekspos Lukas 15. Melalui eskposisi ini Ev. Harry Limanto mengingatkan bahaya arogansi rohani dan mudah menghakimi yang ada dalam kehidupan orang Farisi. Di samping itu, Ev. Harry Limanto juga mengingatkan bahwa tujuan retreat yang terutama adalah adanya kebangunan rohani dan bangkitnya semangat untuk memperbesar kerelaan dalam melayani demi visi Kerajaan Allah. Semoga retreat tahun 2019 ini benar-benar membangkitkan kasih, semangat dan kerelaan para pelayan pekerjaan Tuhan di lingkup Perkantas Regional Jawa Timur. 


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES