more"/> more">
“SINERGI” (Siswa untuk Negeri) - Hari Doa Siswa Nasional
Last Updated : May 24, 2019  |  Created by : Administrator  |  140 views

Dalam rangka membangun kegerakkan doa bersama pelayanan siswa Perkantas se-Indonesia dan menolong siswa sebagai murid Kristus untuk memahami dan memiliki kehidupan doa yang berkuasa serta berdampak bagi kesejahteraan kota, maka lahirlah gerakan Hari Doa Siswa Nasional ini. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Mei 2019 sesuai dengan jadwal di kota masing-masing. Berikut liputan dari beberapa kota di Perkantas regional Jawa Timur.

 

Malang

Dilaksanakan pada 1 Mei 2019, HDSN Kota Malang , mengangkat tema time travel kisah  nabi dalam PL yaitu Yesaya, Daniel, Musa dan Ester, peserta diajak melihat realita bangsa Indonesia saat ini dari kacamata Alkitab, terutama kisah yang dialami 4 Nabi tersebut. Bersyukur untuk GKJW Tulangbawang yang bersedia menerima kami dengan mengijinkan penggunaan gedung ibadah pemuda remaja untuk kegiatan HDSN ini. Sekalipun cuaca hujan cukup deras, namun ada  sekitar 100 orang yang bergabung dalam kegerakan doa HDSN ini. Doakan untuk follow up acara ini, doakan untuk sekitar 25 siswa yang mengambil komitmen untuk menjadi penggerak doa di persekutuan-persekutuan sekolah masing agar semangat doa mereka tetap berkobar.

 

Surabaya

Dilaksanakan ada tanggal 11 Mei 2019, acara HDSN dihadiri oleh 27 orang siswa, 16 orang lulusan siswa, dan 20 orang dari TPS dan Staf Siswa. Siswa-siswa diajak berdoa bagi bangsa bersama-sama. Pokok doa yang kami doakan adalah terkait kota Surabaya, pelayanan siswa di kota-kota, dan pelayanan siswa di Surabaya. Dengan cara doa berkeliling lokasi-lokasi iconic di Surabaya seperti kantor DPRD, Balai Pemuda, sekolah-sekolah, kami mengajak siswa betul-betul menjiwai pokok-pokok doa yang didoakan di lokasi-lokasi tersebut.

 

Kediri

HDSN siswa Kediri dilaksanakan tanggal 10 Mei 2019 di momen retreat SMP N 3 Kediri. Acara ini dilaksanakan di Wisma St. Yohanes dan diikuti 70 siswa, guru agama dan para pekerja dari Perkantas. Dalam acara ini siswa diajak berdoa untuk Indonesia dan pelayanan siswa di kota lain, membukakan wawasan siswa bahwa mereka tidak berjuang sendiri.

Tulung Agung

HDSN dilaksanakan tanggal 6 Mei 2019, di Ruper Tulungagung dan dihadiri 25 siswa, staf,TPS  dan alumni. Adapun kegiatannya diisi dengan doa dalam  kelompok, sharing dari alumni tentang dunia kerja dan nonton bareng. Fellowship dalam kegiatan HDSN ini adalah acara nonton bareng film bertema perjuangan, tujuannya untuk membangun rasa cinta siswa terhadap negeri sehingga siswa semakin dikobarkan untuk membangun negeri.

Mojokerto

Dilaksanakan tanggal 11 Mei 2019, di Gereja Baptis Mojokerto dengan kehadiran 35 orang siswa. Kak Sipeny Giawa, S.Th sebagai pembicara memotivasi peserta HDSN untuk bertindak seperti jemaat mula-mula di Kisah Rasul 4 :23-31. Meski jemaat mula-mula dalam ancaman namun mereka makin giat berdoa dan memberitakan Injil dengan berani. Melihat kondisi dan kejadian yang terjadi akhir-akhir ini, siswa perlu dibukakan untuk lebih peduli terhadap bangsanya sendiri. Korupsi, ketidakadilan, kejahatan yang merajalela di kalangan remaja, kerusakan lingkungan, dan berbagai masalah yang ada. Melalui acara HDSN ini berharap para siswa memiliki sikap kepedulian untuk berdoa dan bertindak bagi keluarganya, lingkungannya, gerejanya dan juga bangsanya. Juga ada tantangan bagi mereka untuk melakukan beberapa action plan yang bisa diterapkan selama 1-2 minggu. Kiranya mereka terus tertantang untuk menerapkan langkah-langkah kecil bagi perubahan Indonesia.

 

Jember

HDSN PSK Jember dilaksanakan pada tanggal18 Mei 2019 . Sehari sebelumnya pengurus PSKJ, TPS dan Staf berpuasa dan berdoa untuk pelayanan siswa di kota-kota yang ada di Indonesia. Acara ini diselenggarakan di Rumah Persekutuan Jember, dengan Kak Wahyu Respati  sebagai pembicara, acara dihadiri oleh 20 peserta dari berbagai sekolah SMP dan SMA yang ada di Jember serta seluruh pengurus PSKJ dan TPS. Dengan mengajak siswa untuk mendoakan 9 kota dalam lingkup pelayanan regional Jatim,  diharapkan mereka dapat  mendoakan rekan-rekan siswa di luar daerah dan siswa juga mengerti jika melalui perbedaan yang mereka miliki, mereka dapat bersama-sama bersatu membangun generasi bagi Negeri ini. Harapannya melalui kegiatan HDSN ini siswa dapat memahami pentingnya mencintai negeri dan melalui perbedaan mereka, mereka dapat bersatu untuk membentuk siswa yang bersinergi makin mencintai Tuhan dan Bangsa.

 

Mataram

Bersyukur HDSN bisa kami laksanakan pada tanggal 10 mei 2019 bertempat di GSG (Aula) GKT Ampenan. Acara ini dihadiri oleh  56 siswa; 3 CTPS; 1 guru Agama; 1 pelayan gereja: 3 staf. Setelah berasma-sama memuji Tuhan dan mendengarkan Firman, peserta dibagi dalam 9 kelompok doa. Didalam kelompok adik-adik siswa  diajak untuk berdoa bersama bagi bangsa dan negara, juga pelayanan di kota lain dan dilanjutnya dengan sharing dan saling mendoakan pokok doa pribadi. Doakan follow up dari acara ini agar mereka bisa menjadi berkat di manapun berada dan  belajar menghargai perbedaan dengan orang lain.

 

Sumbawa

Bersyukur bisa melaksanakan HDSN di kota perintisan Sumbawa. HDSN dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan pelayanan kak Yance Manusiwa( Staf Mataram) pada tanggal 3 Mei 2019. Berkoordinasi dengan Guru Agama Kristen di SMAN 1 akhirnya kami bisa mengajak 22 orang adik-adik yang tergabung dalam kelas tersebut untuk berdoa bersama bagi bangsa. Kami bersyukur sekali bisa memiliki kesempatan membagikan Visi pelayanan siswa dan berdoa bersama dengan adik-adik ini. Di akhir kegiatan, setiap siswa dibagi dalam tujuh 7 kelompok untuk bersama-sama membaca dan mendoakan pelayanan siswa di berbagai daerah yang juga memiliki kerinduan agar kehadiran mereka yang masih muda juga dapat memberikan pengaruh bagi lingkungan sekitarnya. Doakan terus perintisan kota Sumbawa ini.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES