more"/> more">
“Helping, Caring & Raising Teens in This Generation”
Last Updated : Oct 11, 2019  |  Created by : Administrator  |  175 views

Masa Remaja adalah masa perkembangan anak-anak menuju tahap perkembangan selanjutnya sebelum dikatakan usia dewasa. Menurut WHO anak dikatakan masuk ke dalam kategori Remaja saat berusia 10-19 tahun. Sedangkan Hurlock (1990) membagi masa Remaja menjadi 2 yaitu masa remaja awal (13 -16 tahun) dan masa remaja akhir (17-19 tahun). Hurlock membagi ke dalam dua kategori ini karena pada masa remaja akhir individu telah mencapai transisi perkembangan yang lebih mendekati masa dewasa.

 Seminar edukasi dan parenting Remaja dengan tema “Helping, Caring & Raising Teens in This Generation” hadir di kota Kediri untuk memberi wawasan tentang pentingnya orangtua, pengajar dan pendamping mengetahui karateristik remaja, memahami permasalahan yang dihadapi pada masa remaja dan bagaimana cara menghadapi Remaja. Seminar  kali ini dibagi ke dalam 3 sesi yaitu sesi pertama “Perkembangan Masa Remaja dan Akar Permasalahan Remaj”a dengan pembicara  Agung Kurniawan, M.Psi.,Psikolog. Sesi kedua  dengan tema “Gangguan Psikologis pada Remaja, penyebab dan intervensi/terapi” dengan pembicara dr.Ivana Sajogo, Sp,Kj(K). Dan sesi terakhir “Pola Parenting yang tepat bagi Remaja & pendampingan bagi Remaja yang bermasalah” dengan Pembicara Dra. Iis Acsha, MK

Sesi seminar di atas dibawakan oleh pembicara yang sudah memiliki jam terbang saat menangani Remaja dengan berbagai permasalahan yang ada. Remaja juga tidak bisa lepas dari bimbingan,pantauan dan memerlukan perhatian dari orang tua. Seperti yang disampaikan oleh Agung Kurniawan M.Psi, Psikolog di sesinya yang pertama bahwa masa remaja adalah masa dimana anak mencari jati diri dan remaja cenderung akan lebih banyak meniru idola mereka (dari cara berpakaian, model rambut, kata-kata gaul,dll). Remaja sekarang bisa mengakses dengan sangat cepat kebiasaan atau penampilan dari idola mereka.

Disinilah orang tua memiliki peran yang sangat penting.  Pembicara di sesi yang kedua dr.Ivana Sajogo banyak mengupas tentang permasalahan psikologis yang sering dialami oleh remaja. Masalah yang dihadapi dikupas dari sisi medis dan permasalahan otak yang menyertai. Adapun gangguan yang banyak dialami di fase remaja diantaranya depresi yang mengarah pada kecendrungan bunuh diri dan menyakiti diri sendiri, kecanduan game, rokok, miras dan narkotika, gangguan kepribadian, LGBT atau permasalahan/gangguan perilaku menentang. Berbagai permasalahan yang dialami ini dikupas penyebab dan bagaimana diperlukan adanya  peran orangtua dan lingkungan dalam mendidik dan mendampingi anak remaja. Bila gangguan-gangguan ini bisa dari awal diketahui maka remaja yang bersangkutan akan dengan cepat bisa ditolong tetapi jika sudah parah atau cenderung berat maka harus segera ditangani oleh tenaga professional di bidangnya (bisa psikolog atau psikiater).

Dra. Iis Achsa juga menekankan penerimaan dan pengajaran untuk usia remaja harus terus dilakukan dan berulang-ulang agar pengajaran yang baik dan positive itu bisa melekat dan menjadi salah satu acuan remaja mengambil keputusan tepat dalam memilih komunitas dan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Dalam sesi terakhir ini orangtua diingatkan kembali bahwa anak adalah berkat dan titipan dari Tuhan yang berharga jadi orangtua perlu terus hadir dan menolong anak dalam tiap masa perkembangannya. 

Orangtua perlu memiliki keterampilan dalam menghadapi anak dalam tiap masa perkembangannya. Tanggung jawab dalam mendidik anak bukan saja tanggung jawab guru di sekolah tetapi dasarnya adalah pengajaran dan pendampingan yang diawali dari rumah. Orang tua perlu memberi porsi dalam mengasuh dan mendampingi anak seusai dengan kebutuhan dan kondisi anak. Jadi orangtua harus tau karakteristik remaja saat ini yang terkadang menginginkan kebebasan dalam bergaul atau mencari jati diri.

            Seminar ini dihadiri oleh banyak pasangan orang tua, guru di sekolah dan aktivis pelayanan yang menangani usia remaja. Dalam sesi tanya jawab dengan ketiga narasumber yang ada banyak merasa puas dan sangat tertolong dengan adanya seminar ini. Kiranya seminar ini juga bisa memberkati kota-kota lain dan mendukung dalam pelayanan anak usia remaja dan menolong peran orangtua saat menghadapi anak-anak yang sudah memasuki masa Remaja. Jika ditemui remaja yg bermasalah dan membutuhkan pertolongan Ahli maka bisa menghubungi kami.

Griya Pulih Asih

PUSAT PEMULIHAN DAN PENGEMBANGAN DIRI

Jl. Tenggilis Mejoyo KA 12. Surabaya

Jl. Warung Supratman 32 Kediri

CP: Dinda 085791152570


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES