more"/> more">
Renungan - Pesan Online: Sampaikan Kepada Semua Saudara!
Last Updated : Nov 13, 2020  |  Created by : Administrator  |  171 views

 

Baca 1 Tesalonika 5:23-28

Oleh Noni Elina ,SS *)

 

Beberapa waktu lalu saya mewawancarai seseorang, terhitung sudah 5 tahun sejak dia pertama kali menerima Kristus. Sebut saja namanya Ananda (bukan nama sebenarnya) mengaku ketika duduk di bangku SMA dan belum percaya kepada Kristus, dia sering melihat postingan gambar dengan ‘kata-kata mutiara’di Whatsapp stories milik temannya yang Kristen. Ternyata itu merupakan postingan dari sebuah website renungan Kristen. Ananda mengaku tertarik dengan desain dan kata-katanya yang bagus. Secara tidak langsung, teman-temannya yang membagikan gambar itu telah ikut ambil bagian dalam memperkenalkan iman Kristen kepada Ananda.

Kisah Ananda ini membuat saya menyadari bahwa memberitakan kabar baik secara online juga dapat memberi dampak dalam hidup seseorang. Rasa ingin tahu membuat Ananda kemudian berselancar dan mencari website renungan itu dan membaca kisah-kisah di dalamnya. Firman Tuhan bagaimana pun caranya diberitakan, pasti memiliki dampak. Pernahkah Anda berpikir bahwa setiap cuitan, caption, gambar, dan kisah yang Anda bagikan di sosial media dapat dipakai Tuhan untuk mengubahkan hidup seseorang?

Ketika Paulus harus meninggalkan jemaat di Tesalonika, Paulus tetap terhubung dengan mereka melalui surat yang dia tuliskan. Nasehat-nasehat Paulus di akhir suratnya yang pertama kepada jemaat di Tesalonika terdengar seperti cuitan (postingan di Twitter). Meski harus terpisah jarak dan Paulus tidak bisa bersama dengan mereka karena adanya penganiayaan, Paulus tetap mendampingi, menghibur, dan menguatkan jemaat di kota itu. “Demi nama Tuhan aku minta dengan sangat kepadamu, supaya surat ini dibacakan kepada semua saudara.” 1 Tesalonika 5:27. Bahkan dia meminta dengan sangat supaya pesannya dibacakan kepada semua saudara.

Jika kita hidup di masa ini, bagaimanakah cara supaya kita bisa menguatkan dan menghibur semua saudara? Tentu saja kita perlu melakukannya dalam setiap ibadah dan persekutuan kita. Namun, bagaimana menjangkau semua saudara juga dapat kita lakukan dengan memanfaatkan sosial media. Pada masa ini, ketika setiap orang harus lebih sering beraktivitas dari rumah tentu ada kejenuhan dan bahkan keputusasaan. Kita bisa membagikan harapan kepada mereka yang sedang berselancar menggunakan gawai mereka, melalui setiap hal yang kita posting.

Seperti kisah Ananda, saya yakin bahwa benih firman yang kita tabur melalui sosial media tidak akan sia-sia. Tugas kita adalah menyebarkan benih firman Tuhan, jika Dia mengizinkan benih itu untuk tumbuh dalam kehidupan seseorang, itu adalah suatu anugerah. Kemana pun angin akan membawa pergi benih, apakah akan bertumbuh atau tidak, semua adalah pekerjaan Allah. Kita hanya perlu menyebarkan dengan penuh sukacita dan ucapan setia. Karena kita telah terlebih dahulu diberkati.

Selamat membagikan kabar baik!

 

(*Penulis melayani Pelayanan Siswa di Banyuwangi)

Ilustrasi gambar diambil dari  https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2016/06/16/720265/540x270/ingin-bisnis-tambah-maju-coba-5-tips-promosi-jitu-di-sosmed-ini.png

 


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES