more"/> more">
Psychology Corner - Penebusan : Kasih dan Pengampunan
Last Updated : Apr 23, 2021  |  Created by : Administrator  |  50 views

Pemulihan relasi kita dengan Allah tidak bisa dipisahkan dari pemulihan citra Allah dalam diri manusia. Seperti halnya gelap tidak bisa menyatu dengan terang, maka hal yang sama, Allah yang adalah terang baru bisa “ menyatu “ dengan terang tidak mungkin dengan gelap. Maka ketika relasi dipulihkan antara manusia dengan Allah, maka keadaan manusia yang telah jaruh dalam kegelapan dosa harus diubahkan terlebih dahulu menjadi terang, barulah Allah bisa menyatu atau berelasi dengan manusia. Perubahan dari kegelapan menjadi terang dalam diri manusia yaitu melalui peristiwa kebangkitan Kristus dari kematian. Kebangkitan menunjukkan perubahan dari manusia lama menjadi manusia yang baru. Dalam hal inilah terjadi perubahan citra dalam diri manusia.

Oleh karena itu, peristiwa kematian Kristus tidak bisa dipisahkan dari peristiwa kebangkitaNya. Penebusan tidak bisa dipisahkan dari pemulihan citra Allah dalam diri manusia. Oleh karena itu, ketika relasi manusia dengan Allah dipulihkan, maka hal itu juga berdampak kepada pemulihan relasi antar manusia dengan manusia lainnya. Perbedaan tidak menjadi suatu konflik tetapi menjadi suatu persatuan dan kesatuan. Penebusan juga mensyaratkan suatu sikap penghargaan terhadap sesama manusia dan pengampunan satu dengan yang lainnya. Perdamaian antar manusia bisa terjadi jika adanya pengampunan. Persatuan dan kesatuan antar sesama manusia bisa terjadi jika ada pengampunan. Pengampunan adalah perubahan dari kutuk menjadi berkat, dari penghukuman menjadi kehidupan kekal. Itulah yang dilakukan oleh Allah

Penebusan yaitu pemulihan relasi mansuia dengan Allah dan pemulihan citra manusia tidak mungkin terjadi jika tidak ada suatu pengampunan. Dasar dari suatu pengampunan adalah kasih yang besar. Kasih Allah yang besar tersebut telah membuat Allah mengutus anakNya ke dunia dan memberikan hidup kekal bagi yang percaya kepadaNya. Hanya kasih yang mampu membuat Allah mengubah kutuk menjadi berkat. Kasih artinya memberikan yang terbaik bari orang yang kita kasihi. Kasih adalah esensi Allah. Allah adalah kasih. Dengan demikian, pemulihan relasi antar sesama manusia terjadi jika ada pengampunan yang didasari oleh kasih. Ketika seseorang kembali berelasi dengan Allah maka dalam diri orang tersebut akan “ terperciki “oleh kasihnya Allah, sehingga orang tersebut mampu mengasihi bahkan mengasihi orang yang telah menyakiti dia.

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia termasuk di dalamnya relasi antar manusia. Relasi merupakan suatu tema yang penting dalam diri manusia. Mengapa demikian ? karena ukuran kesehatan mental atau kesehatan psikologis seseorang diukur dari salah satunya bagaimana seseorang berelasi dengan orang lain. Apakah suatu relasi menjadi gangguan bagi orang lain atau menjadi kebahagiaan bagi orang lain, akan menentukan kualitas kesehatan psikologis seseorang. Oleh karena itu, penebusan Kristus memiliki implikasi psikologis dalam diri seseorang. Berdasarkan penjelasan di atas telah dijelaskan bahwa penebusan adalah pemulihan relasi yang melibatkan pengampunan yang dasarnya adalah kasih. Maka, pengampunan dan kasih merupakan suatu fondasi utama yang menentukan suatu relasi. Dan kemudian relasi merupakan ukuran dari kesehatan psikologis seseorang.

Artinya jika seseorang memiliki relasi yang baik dengan orang lain, menunjukkan bahwa dia sehat secara psikologis. Dan juga menunjukkan bahwa dalam diri orang tersebut ada pengampunan dan kasih. Dalam psikologi, ada seseorang yang namanya Jung yang merupakan salah satu bapak psikologi. Dalam teorinya, dikatakan bahwa dalam diri setiap manusia ada yang namanya collective unconscious atau arketipe, yang diturunkan antar generasi ke generasi manusia setelahnya. Salah satunya adalah sikap kasih. Dalam setiap generasi manusia, pasti memiliki tema “ kasih “ Kasih merupakan “ general word “ dalam setiap budaya dan negara. Dengan demikian, “ Kasih “ merupakan sesuatu yang melekat erat dalam kehidupan manusia. Kasih adalah karakter yang manusia pada umumnya. Ini menujukkan bahwa manusia dicipta menurut citra Allah.

Psikologi Kristen memiliki penjelasan yang lebih dalam. Kasih dalam diri manusia dipulihkan melalui penebusan dan kebangkitan Kristus. Karena hanya melalui penebusan dan kebangkitan Kristus, citra Allah dalam diri manusia dipulihkan. Ketika relasi manusia dan Allah dipulihkan, maka juga terjadi pemulihan relasi antar manusia. Oleh karena itu, relasi dengan Allah menjadi faktor penentu pemulihan relasi antar manusia melalui pengampunan. Bagaimana memelihara relasi dengan Allah ? Alkitab mengajarkan bahwa barangsiapa tinggal di dalam Yesus sang pokok anggur, maka buah kasih bisa dihasilkan oleh orang percaya. Artinya. Tinggal dalam Yesus adalah cara memelihara relasi kita dengan Allah. Tinggal dalam Yesus dapat diakukan melalui fokus kita terhadap Alkitab dan mentaatinya. Ketika seseorang memelihara relasi dengan Allah melalui disiplin rohani merenungkan Alkitab, mentaatinya dan tekun berdoa kepada Allah, maka buah kasih ada dalam diri orang tersebut sehingga dimampukan melakukan pengampunan. Dan melalui pengampunan relasi yang berkualitas antar manusia bisa dipulihkan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa adanya kasih dan pengampunan dalam diri seseorang merupakan faktor yang mencerminkan kesehatan psikologis seseorang yang tercermin dalam kehidupan relasinya dengan orang lain. Selamat Paskah, Tuhan Yesus memberkati. (* Oleh Agung Kurniawan S.Psi.M.Psi, Penulis melayani  sebagai Psikolog dan Konselor di Griya Pulih Asih)

 

Griya Pulih Asih

Pusat Pemulihan dan Pengembangan Diri”

Mendampingi Menggapai Potensi Efektif

Telp.                 :+62 857 9115 2570

Alamat              : Jl. Tenggilis Mejoyo KA-12, Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur 60292, Indonesia

Email                : griyapulihasih@gmail.com

Web                  : https://griyapulihasih.com

Ig                     :griyapulihasih (rumah pemulihan)

You Tube           : Griya Pulih Asih

 

Layanan:

Psikotes

  • Bakat-Minat dan Penjurusan
  • Seleksi dan Penempatan Kerja
  • Rekomendasi/Evaluasi dan Pengembangan Karyawan Pelatihan dan Seminar
  • Pelatihan/Seminar Komunikasi, Konseling, Parenting, Kepemimpinan, Self Development, dll.

Konseling dan Intervensi

  • Konseling karir, keluarga, pasutri, relasi, pranikah, dll.
  • Intervensi medikasi, kognitif, perilaku, konsentrasi, verbal-komunikasi, dll.

Child Care Center “Griya Anak”

  • Day Care, pengukuran psikologis anak, intervensi permasalahan anak, dll.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES