more"/> more">
Student Writing - Pengorbanan yang Sejati dan Keselamatan Kekal
Last Updated : May 14, 2021  |  Created by : Administrator  |  177 views

oleh Pati Imanuel Lowri Wartuny

 

          Salah satu dasar  Kekristenan yang pasti tidak asing lagi bagi  kita  yaitu “berkorban”. Pernahkah saudara-saudara berkorban? Misalnya berkorban dalam bentuk materi, perasaan, atau bentuk lainnya. Nyatanya sekarang, hal berkorban hanya sebatas ucapan di mulut  karena kebanyakan orang sangat susah jika harus bergerak melakukan sebuah pengorbanan untuk sesamanya, bahkan kita sering mengorbankan orang lain demi kepentingan diri kita sendiri. Tetapi tidak dengan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus kita yang suci, kudus, dan tidak bercela justru selalu berkorban untuk diri kita di segala situasi dan Dia tidak meminta bayaran sepeserpun dari kita sebagai ganti dari pengorbanan-Nya, karena Dia hanya meminta agar kita sebagai anak-Nya tetap percaya dan setia beriman hanya kepada-Nya, oleh sebab itulah pengorbanan dari Tuhan adalah bentuk pengorbanan yang sejati, dan tidak ada satu manusia yang berhasil menandingi semua pengorbanan Tuhan.

          Pengorbanan Tuhan kepada kita selalu sejati, hal ini dibuktikan melalui peristiwa Paskah. Paskah adalah peristiwa di mana Tuhan Yesus yang suci, kudus, dan tidak bercela harus disalibkan, masuk ke dalam lembah kematian, dan bangkit pada hari yang ketiga  untuk membebaskan kita semua dari belenggu dosa. Paskah bukan hanya sekadar perayaan, tetapi Paskah adalah momen bersejarah bagi umat Kristiani karena telah dibebaskan dari belenggu dosa melalui penyaliban Kristus.  Paskah  pasti berkaitan erat dengan “salib”. Sebenarnya apa arti dari lambang salib? Salib bukan hanya sebuah lambang yang sering dipajang saat peristiwa Paskah, melainkan salib adalah identitas seorang Kristen karena salib adalah bukti  keselamatan kekal dari Tuhan. Selain sebagai identitas Kristen dan bukti dari keselamatan, salib juga sebagai lambang penebusan semua orang dari belenggu dosa yang mengikat.

          Kebangkitan Tuhan Yesus pasti memiliki dampak berharga bagi diri kita. Dampak dari pengorbanan Kristus antara lain : 1) Kita telah mengalami pembaharuan dasar kebenaran dan iman (dari semula pribadi berdosa menjadi pribadi yang baru dan bersih), 2) Kita telah dibebaskan dari belenggu dosa dan dimenangkan dalam Yesus Kristus, dan 3) Hidup kita bukan lagi dari kita, melainkan hidup kita adalah dari tangan kuasa Tuhan. Melalui pengorbanan sejati Tuhan Yesus di kayu salib, kita telah dimenangkan dan memperoleh keselamatan kekal.

          Di dalam Alkitab 1 Petrus 1:18-19 TB tertulis, “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.” Hal ini membuktikan bahwa Tuhan telah berkorban besar dengan cara disalib untuk kita dan pastinya kita harus membalas semua pengorbanan dan kebaikan Tuhan. Selain tetap percaya dan setia beriman, pengorbanan Tuhan  dapat dibalas dengan melakukan kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai anak-anakNya seperti : 1) Berani untuk memberitakan Injil ke seluruh penjuru dunia, 2) Berani menegakkan kebenaran Injil Tuhan, dan 3) Senantiasa untuk berpengharapan (Pengharapan adalah dasar agar kita tidak kuatir saat memberitakan Injil dan kebenaran firman Tuhan). Melalui salib dan pengorbanan sejati Tuhan, kita beroleh keselamatan kekal dan kehidupan baru untuk  memberitakan Injil sampai akhir zaman.

( *Pati saat ini duduk di kelas 8 SMP Negeri 03 Tulungagung. Dengan bergabung di Komunitas Pena Murid saya belajar banyak bagaimana menulis renungan/opini rohani , sebelumnya saya banyak belajar tentang menulis non fiksi dan aktif menulis di platform penulisan, saya  sangat senang sekali dan bersyukur bisa bergabung di komunitas ini)

 

(*ilustrasi gambar diambil dari https://uns


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES