more"/> more">
Psychology Corner : Personality Development for Carier Development
Last Updated : May 28, 2021  |  Created by : Administrator  |  256 views

Oleh Rieka Intansari, M.Psi., Psi.

 

Saat ini  kita ada di dalam era Revolusi Industri 4.0 dan akan memasuki era Society 5.0 dimana terjadi perkembangan dan perubahan yang sangat besar dalam setiap lini kehidupan termasuk dalam hal pekerjaan. Revolusi Industri 4.0 adalah masa dimana teknologi menjadi suatu cara yang utama dalam setiap aspek, mulai dari pendidikan, pekerjaan maupun dalam gaya hidup. Gagasan Society 5.0 pun dimunculkan sebagai bentuk upaya agar teknologi bisa berdampingan secara damai dengan manusia. Teknologi bisa memanusiakan manusia dan meletakkan manusia sebagai fokus utama.

Perkembangan yang pesat ini membuat kita tidak boleh tinggal diam. Sebagai anak Tuhan yang menjadi generasi penerus bangsa, kita harus mampu mengembangkan diri, memiliki daya saing dan menjadi pribadi yang memberkati masyarakat serta membangun Indonesia menuju era yang lebih baik. Saat ini, pandemi memaksa dan membatasi ruang gerak kita. Kesulitan masa pandemi mengakibatkan keterpurukan dalam hal ekonomi, tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia. Hal ini tentu membuat kebutuhan akan tenaga kerja menjadi berkurang, banyak pekerja yang harus dirumahkan dan mahasiswa yang baru lulus tidak mudah menemukan pekerjaan yang sesuai. Saat ini setiap individu diharapkan memiliki profil yang unggul dan betul-betul diperlukan. Bangkit dari keterpurukan dan kesulitan yang ada akan memberikan dampak yang besar tidak hanya bagi diri sendiri, melainkan untuk keluarga, gereja, masyarakat dan untuk Indonesia. Keterampilan atau skill yang perlu terus dikembangkan dan mengikuti tuntutan yang diharapkan.  

Berdasarkan World Economic Forum terdapat 10 keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh pekerja di tahun 2025 diantaranya adalah :

  • Analytical thinking and innovation
  • Active Learning and Learning strategies
  • Ang Complex problem solving
  • Critical Thinking and analysis
  • Creativity originality and initiative
  • Leadership and social influence
  • Technology use, monitoring and control
  • Technology design and programming
  • Resilience, stress tolerance and flexibility
  • Reasoning, Problem Solving and Ideation

*Source Future pf Jobs Report 2020, World Economic Forum

Kompetensi yang harus dimiliki jelas berbeda dari kompetensi yang dibutuhkan di tahun 2000 yang lalu. Keterampilan atau skill ini dapat dilatih dan terus dikembangkan. Paparan skill diatas didukung oleh kepribadian (kondisi personal) yang berkembang. Personality (kepribadian) itu sendiri dapat diartikan sebagai pola relatif  permanen dari corak karakteristik unik seorang individu sehingga muncul secara konsisten berupa perilaku atau berupa pemikiran dalam kehidupan dan sebagai substansi yang juga berkembang, (Feist, 2008).

Karakteristik personal yang mengacu pada skill yang diperlukan sebaiknya diarahkan pada karakter yang menonjol diantaranya empati, dorongan prestasi yang kuat, kemauan untuk belajar, pemikiran yang fleksibel dan terbuka. Daya juang yang kuat yang ditandai dengan sikap yang tidak mudah menyerah, keberanian menghadapi resiko, tingkat kecemasan dan sisi paranoid yang perlu diturunkan menjadi karakteristik yang optimis. Penerimaan diri secara positif ditandai dengan adanya penilaian diri/gambar diri yang positif, pribadi yang aktif secara sosial dan mampu memberi pengaruh.

Proses pengembangan karakteristik personal ini memerlukan adanya langkah-langkah yang konkrit seperti yang dijelaskan dalam bagan berikubt :

 

Individu yang mau dan akan berkembang diawali dengan adanya self awareness. Sama halnya dengan adanya proses pertobatan atau perubahan diri. Mereka harus menyadari apa yang menjadi kesalahan dan dosa yang dilakukan. Tidak akan ada proses berubah tanpa diawali dengan kesadaran diri. Mereka diharapkan dapat menyadari diri. Kesadaran akan diri ini meliputi kemampuan untuk mengenali potensi diri, aspek yang menjadi kelebihan dan kelemahan diri. Proses menyadari kondisi diri ini dapat diperoleh melalui pemahaman yang dalam tentang Firman Tuhan serta implementasinya, pemeriksaan psikologis (psikotes), penemuan diri/reflektif ataupun mendapatkan feedback dari pihak lain yang berinteraksi lekat bisa dari orangtua, pasangan, saudara, teman, kakak rohani. Karenanya interaksi lekat dalam suatu Kelompok Tumbuh Bersama merupakan wadah yang efektif. Dalam proses self awareness ini dibutuhkan hati yang besar untuk menerima kondisi yang terjadi dan mendapatkan koreksi.

Setelah melakukan proses penelusuran diri, individu perlu untuk menerima diri seutuhnya terkait potensi dan kelemahan diri. Penerimaan diri ini juga sebagai bagian dimana individu harus menerima diri apa adanya seperti yang Tuhan ciptakan, yang mana Tuhan menciptakan seseorang sangat berharga. Hal ini ditandai dengan adanya sikap hati yang puas mengenai kondisi diri. Contoh penemuan diri : Saat mengerti ia memiliki kelebihan dalam hal verbal, ia perlu menyadari dan menemukan cara bagaimana untuk mengembangkannya. Akan tetapi saat ia menemui dirinya ada kelemahan dalam hal logika hitung, maka ia perlu menerima bahwa dirinya akan kesulitan bila nanti masuk ke jurusan teknik Sipil. Pemahaman akan keberbakatan ini akan sangat menlong untuk menemukan pekerjaan yang sesuai.

Apabila terkait dengan karakter personal, individu yang menyadari kelemahan diri, ia perlu mencari solusi bagaimana meminimalisir dampak yang terjadi atau membuat diri menjadi berkembang dan adaptif. Misalnya : terdapat karakteristik kurang percaya diri. Maka individu tersebut harus memiliki cara bagaimana menolong diri untuk lebih percaya diri, misalnya menemukan aspek keberbakatan dan memfasilitasi diri sendiri untuk berkarya dengan bakat yang ada. Ia juga dapat terus melatih diri sehingga kepercayaan dirinya menjadi lebih meningkat.

Proses penerimaan diri akan menyebabkan individu menjadi lebih positif memandang diri sehingga ia akan menjadi lebih percaya diri. Setelah itu, akan memunculkan pengembangan diri (Self Development). Proses pengembangan diri perlu dilakukan dengan terus menerus berusaha untuk membuat kondisi diri menjadi lebih baik dengan cara melatih diri, belajar dari ahlinya ataupun memiliki sikap hati yang terbuka dengan teguran.

Proses pengembangan diri dapat diarahkan untuk mencapai keterampilan-keterampilan diri yang dibutuhkan serta adanya dukungan dari karakteristik personal yang dapat mengembangkan diri ke arah yang positif. Dimana tentu saja kita terus memproses diri kita secara maksimal sesuai dengan talenta yang Tuhan berikan. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau supaya kita hidup di dalamnya (Efesus 2:10). (*Penulis melayani sebagai Psikolog di Yayasan Insan Indonesia Mengabdi)

Daftar Pustaka

1. Whiting, Kate. ”These are The Top 10 Job Skills of Tomorrow and How Long It Takes to Learn Them”. Oktober 2020. Diakses 9 April 2021. https://www.weforum.org/agenda/2020/10/top-10-work-skills-of-tomorrow-how-long-it-takes-to-learn-them/

2. Burger, Jerry M. 2008. Personality : Internasional Student Edition. United State of America : Thomson Wadsworth.

3. Dusek, Jerome. 1996. Adolescent Development and Behavior. New Jersey : Prentice Hall, Inc

Griya Pulih Asih

Pusat Pemulihan dan Pengembangan Diri”

Mendampingi Menggapai Potensi Efektif

Telp.+62 857 9115 2570

Email: griyapulihasih@gmail.com

Web: https://griyapulihasih.com

Ig: griyapulihasih (rumah pemulihan)

You Tube: Griya Pulih Asih

 

Layanan:

Psikotes

  • Bakat-Minat dan Penjurusan
  • Seleksi dan Penempatan Kerja
  • Rekomendasi/Evaluasi dan Pengembangan Karyawan Pelatihan dan Seminar
  • Pelatihan/Seminar Komunikasi, Konseling, Parenting, Kepemimpinan, Self Development, dll.

Konseling dan Intervensi

  • Konseling karir, keluarga, pasutri, relasi, pranikah, dll.
  • Intervensi medikasi, kognitif, perilaku, konsentrasi, verbal-komunikasi, dll.

Child Care Center “Griya Anak”

  • Day Care, pengukuran psikologis anak, intervensi permasalahan anak, dll.

 

 

 

 

Ilustrasi gambar diambil dari https://unsplash.com/photos/zoCDWPuiRuA


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES