more"/> more">
Sketsa~Omnibus Soli Deo Gloria - Sani Sinarsana Kisid: “Seni Berjejaring di Masa Krisis Hati yang Tulus dan Ikhlas”
Last Updated : Jul 23, 2021  |  Created by : Administrator  |  107 views

Sani Sinarsana Kisid biasa dipanggil Sani; Kak Sani atau Mas Sani. Ia adalah seorang arsitek tetapi memiliki jiwa sosial yang tinggi. Selama pandemi Korona, pria kelahiran Minahasa 38 tahun yang lalu ini bukannya menciut di dalam ruangnya sendiri, tetapi malah melebarkan sayapnya, membangun jejaring dengan berbagai pihak.

 

Pertanyaan besarnya adalah mengapa pria yang beristrikan seorang pendeta ini melakukannya? Sketsa kali ini akan menyajikan hasil wawancara singkat kami dengan belia.

 

Halo, kak Sani. Selama masa krisis ini kakak banyak melakukan networking dengan banyak pihak, apa yang memotivasi kakak melakukannya?

 

Sebenarnya tidak ada motivasi khusus sih. Waktu awal pandemi di tengah kondisi yang kian sulit saya hanya berpikir bagaimana untuk membantu orang-orang yang terdampak dan menjadi berkat bagi orang lain. Tetapi, saya melihat untuk melakukan hal tersebut tidak bisa sendiri, disanalah saya bertemu dengan rekan-rekan yang memikirkan hal yang sama, namun kebanyakan dari mereka sudah senior sehingga saya yang harus lebih banyak terjun di lapangan.

 

Bagi kak Sani, apa manfaat yang dirasakan selama melakukan networking di masa krisis ini?

 

Manfaat yang saya rasakan sangat banyak dengan semakin banyak networking maka semakin besar juga kesempatan kita untuk membantu orang lain tanpa memandang suku agama dan ras. Selain itu, saya memiliki kesempatan yang besar untuk belajar dari para senior yang telah lebih dahulu belajar tentang kehidupan

 

Dalam refleksi kak Sani ketika bernetwork, apa kunci keberhasilan dari Networking dan apa yang bisa menyebabkan Networking itu gagal?

 

Kalau berdasar yang saya alami hal yang sangat penting adalah ketulusan dan keiklasan itu juga perenungan saya mengenai Matius 5:8 yaitu, “Berbahagialah Orang yang Tulus Hatinya karena mereka akan melihat Allah”. Menjaga hati tetap tulus dan murni membuat networking kita memiliki pondasi yang kokoh selebihnya yaitu kemampuan berkomunikasi dan berorganisasi.

 

Saya lihat networking seringkali gagal dikarenakan  motivasi kita, ketika motivasi kita kuat dan benar ditambah dengan ketulusan dan keiklasan maka disanalah kita bisa bertemu dan saling berjejaring. waktu akan selalu menguji motivasi, ketulusan dan keiklasan kita.

 

Maka ketika bernetworking saya berjuang untuk berlaku bersih dengan terus menjaganya dengan berinteraksi terus dengan firman Tuhan. Seperti pesan pemazmur  dalam Mazmur 119:9

 

“Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.”

 

Bagaimana cara Anda  merawat setiap network yang sudah terbangun saat ini?

 

Tidak ada perawatan khusus hanya tetap menjaga motivasi, ketulusan dan keiklasan selebihnya menjaganya terus bernafas dengan terus bergerak aktif untuk menghidupi motivasi untuk membantu semakin banyak orang

 

 

Catatan

Organisasi dimana kak Sani aktif melayani selama ini

  • Organisasi  Anggota IABHI (Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia) (2017-Sekarang)
  • Ketua Alumni Perkantas Malang 
  • Kord. Sibisco (Sinergi Bisnis Comunity)  Jatim
  • Kord. GAMKI Malang Kota (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia)
  • Kord. PPWI Malang Raya (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) (2020-2021)
  • Sekretaris PSMTI Malang Kota (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa) (2020-2024)
  • Ketua Amutin (Angkatan Pemuda Tangguh Indonesia) (2021- Sekarang) (Organisasi sayap  PSMTI Malang Kota)
  • Ketua (LSPI) Lembaga Sains Penciptaan Indonesia.
  • Sekretaris Jejaring MARINDO (Malang Raya Untuk Indonesia)
  • Presidium OMB (Ormas Malang Bersatu) (2021)
  • Ketua Mitra Tani Organik Malang Raya
  • Wakil Ketua YPK Jatim (Yayasan Pendidikan Kristen) (2020-2024)
  • Pengawas Yayasan Sosial Panca Budhi (2021- 2026)
  • Koord. Satgas Covid 19 Gereja-gereja Kota Malang

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES