more"/> more">
Kabar Regional : Tanggap Bencana Gunung Semeru
Last Updated : Dec 29, 2021  |  Created by : Administrator  |  148 views

Tim Tagana (Tanggap Bencana) Semeru Perkantas dibentuk sebagai respon atas bencana erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021. Salah satu hal yang sudah dilakukan oleh Tim Tagana sampai saat ini adalah menggalang dana untuk korban yang terdampak. Per 15 Desember 2021 dana yang terkumpul sejumlah Rp 233.754.330,00 dengan total pengeluaran sejumlah Rp 48.975.633,00. Pengeluaran digunakan untuk membeli kebutuhan logistik seperti popok bayi dan dewasa, snack-snack sehat (susu, biskuit, roti, sosis) untuk anak-anak, air mineral, vitamin, minyak kayu putih dan minyal telon, pakaian dalam pria dan wanita, kebutuhan dapur seperti bawang putih, bawang merah, telur, dan sayur. Kebutuhan logistik yang telah dibelanjakan kemudian dikirim ke Posko di Pronojiwo dan Posko di Desa Bades. Dari sisi Malang, Perkantas bekerja sama dengan Malang Care dalam pengiriman barang.

Selain membantu membeli kebutuhan logistik, Tim Tagana juga membantu dalam pengiriman relawan ke Posko daerah terdampak dari sisi Malang maupun Lumajang. Hal-hal yang dilakukan relawan di posko adalah membantu memasak di dapur umum, pengepakan dan pendistribusian bantuan di posko pengungsian, trauma healing, membantu perakitan filter air, pelayanan kesehatan masyarakat, serta melakukan survei untuk mengetahui update kebutuhan dan rencana penanganan ke depan. Tim relawan yang dikerahkan sampai saat ini berasal dari Surabaya, Jember, Malang, dan bahkan ada yang dari Timika.

Pada 14 Desember 2021 Tim Tagana bergabung dengan MDS (Mennonite Diakonia Service) dalam pembuatan posko baru karena posko GKJW Pronojiwo akan tutup tanggal 18 Desember 2021. Untuk kebutuhan dan rencana ke depan, Tim Tagana akan bekerja sama dengan MDS dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) untuk menyusun rencana bersama untuk penanggulangan pasca bencana.

Kondisi terkini per 15 Desember 2021, beberapa warga sudah ada yang membersihkan rumah mereka. BNPB memberikan dua kode sebagai status kelayakan rumah. T2 artinya boleh dibersihkan dan ditinggali, dan HR yang artinya harus direlokasi dan tidak boleh dibersihkan dan direnovasi. Rencana Tim Tagana ke depannya masih akan disusun lagi dalam minggu ini, sehingga Tim Tagana bisa efektif dan efisien dalam menyalurkan bantuan kepada para korban bencana alam ini.

 

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk dana yang sudah terkumpul sampai saat ini.
  2. Doakan koordinasi dan kerjasama antara Tim Tagana Semeru Perkantas dengan MDS (Mennonite Diakonia Service) dan juga Malang Care.
  3. Doakan rencana jangka pendek dan jangka panjang yang akan disusun tim Tagana. Doakan supaya penyusunan rencana dilakukan dengan  detail dan tepat sasaran.
  4. Doakan agar Tuhan mengirimkan relawan-relawan baru untuk mengerjakan program jangka panjang Tim Tagana.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES