more"/> more">
Kabar Regional “Mengerjakan Panggilan, Membangun Bangsa” : Hari Doa dan Puasa Nasional 2022
Last Updated : Sep 09, 2022  |  Created by : Administrator  |  405 views

Dengan mengambil tema “Mengerjakan Panggilan, Membangun Bangsa” (Maz.46: 10),  kegiatan Hari Doa dan Puasa Nasional 2022 (HDPN) diadakan serentak oleh Perkantas Nasional selama bulan Agustus 2022  termasuk kota-kota di Perkantas Regional Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan agar siswa, mahasiswa, dan alumni yang memberi diri merespon panggilan Tuhan untuk membangun bangsa. Dan juga mengajak seluruh komponen untuk berdoa agar di tengah kondisi dunia dan Indonesia yang masih menghadapi masa-masa pandemi, kemiskinan, konflik dan perang di beberapa negara, juga masalah sosial lainnya.  Kita diajak memberi hati berdoa bagi bangsa serta sungguh-sungguh menggumulkan perannya membangun bangsa di tengah gejolak dunia dan Indonesia saat ini. Berikut rangkuman berita kegiatan di beberapa kota di Perkantas regional Jawa Timur.

 

Jember

Persekutuan Mahasiswa Kristen Jember (Permaker) melaksanakan persekutuan HDPN dengan mengikuti sesi Malam Doa bagi Bangsa dalam rangkaian acara Kamp Nasional Mahasiswa (KNM). HDPN ini berlangsung secara streaming yang dipandu oleh Perkantas Jakarta pada 16 Agustus 2022. Tempat persekutuan HDPN kali ini berada di rumah Saudara Dandy Satrio W. Dihadiri oleh 14 orang mahasiswa, alumni dan staf kegiatan ini terasa khusuk karena sebelumnya mereka juga diajak untuk berpuasa. Doakan agar mahasiswa dan alumni terus digerakkan bersyafaat bagi bangsa dan berkontribusi dalam peran mereka masing-masing. Persembahan HDPN yang terkumpul digunakan untuk mendukung World Assembly 2023.

 

Surabaya

Kegiatan HDPN kota Surabaya dilakukan secara onsite pada 20 Agustus 2022 di GKKA Tenggilis Dihadiri 94 orang  peserta diajak tetap kuat di tengah keadaan dunia dan bangsa Indonesia yang dapat membuat kita takut dan gentar. Seolah masa depan kita tidak jelas, bahkan pelayananpun yang mengalami kesulitan, namun pemazmur mengingatkan agar kita meyakini pertolongan TUHAN dan juga meyakini pekerjaan TUHAN. Kak Anggriadi Ricky (Sekjen Perkantas) membawakan firman Tuhan  agar kami terus mengambil bagian untuk terus berdoa dan beriman, sambil mempersiapkan diri untuk siap dipakai Allah menjadi berkat bagi bangsa ini.

 

Jayapura

HDPN Perkantas Jayapura dilaksanakan secara onsite di aula rumah persekutuan  Perkantas Jayapura. Acara ini dihadiri oleh 45 orang dari alumni, mahasiswa, siswa, board dan staf. Acara ini diawali dengan buka puasa bersama di waktu yang telah ditentukan bersama. Setelah buka puasa bersama, pada sore hari dilanjutkan dengan ibadah dan berdoa bersama untuk bangsa dan negara, dilanjutkan dengan topik doa bagi Papua dan kota-kota perintisan. Bersyukur untuk para alumni yang ikut ambil bagian dan hadir dalam acara tersebut. Doakan setiap alumni supaya tetap menjaga hubungan pribadi dengan Tuhan dan terus menjaga hati melekat pada kebenaran di tengah banyak tantangan dan godaan yang ada. Doakan supaya alumni tetap berdampak di tempat mereka bekerja dalam profesi mereka masing-masing.

 

Malang

Bersyukur Ibadah HDPN 2022 Perkantas Malang dapat terlaksana pada 20 Agustus 2022. Kak Sani Sinarsana Kisid yang menjadi pembicara mengingatkan untuk kembali memahami apa yang menjadi panggilan kita dan pada akhirnya panggilan tersebut dapat berguna bagi  bangsa Indonesia.  Selain itu, peserta diajak untuk mendeklarasikan Injil Kerajaan Allah melalui profesi yang sedang dikerjakan.

Acara ini dilaksanakan secara hybrid, di Rumah Persekutuan Perkantas Malang serta Zoom Meeting. Acara ini dihadiri 38 peserta yang hadir secara online maupun  onsite. Acara diawali dengan buka puasa bersama, dilanjutkan dengan ibadah dan diakhiri dengan mendoakan kondisi bangsa dan negara.

 

Banyuwangi

Perkantas Banyuwangi mengadakan HDPN pada 28 Agustus 2022 di rumah persekutuan yaitu rumah Bapak Gunawan yang merupakan perintis pelayanan di Banyuwangi. Ibadah HDPN ini dihadiri 10 orang yang merupakan siswa, mahasiswa, alumni dan staf. Bersyukur untuk hati yang mau berdoa bagi kondisi bangsa, negara dan kota. Doakan keterlibatan alumni di dalam persekutuan dan pelayanan kota Banyuwangi, meski dalam keadaan sibuk mau meluangkan waktu untuk bersekutu bersama. Tuhan kiranya menolong adik-adik siswa  untuk terus setia dibina dalam KTB dan mau terlibat melayani. Doakan perintisan pelayanan mahasiswa, kiranya mahasiswa Kristen di Banyuwangi mau terlibat di dalam persekutuan dan pemuridan. Doakan terbentuknya TPM (Tim Pelayan Mahasiswa) yang merupakan mahasiswa yang dilayani dalam KTB. Doakan juga kebutuhan PKK di Banyuwangi, kiranya baik siswa, mahasiswa atau pun alumni dipersiapkan untuk menjadi PKK dikarenakan kebutuhan yang banyak.

 

Batam

Bersyukur untuk HDPN yang terlaksana pada 28 Agustus dengan dihadiri 45 orang baik itu dari alumni maupun mahasiswa. HDPN dengan tema "Mengerjakan Panggilan Membangun Bangsa" ini dilayani oleh Rino Kisadrianto. Dalam ibadah ini kita diajak merenungkan Bulan-bulan ini dan ke depan, situasi macam apakah yang kita hadapi? Apakah kampanye partai-partai dan segala hal yang berkaitan dengan persiapan Pilkada akan menimbulkan gelombang kerusuhan? Apakah terorisme akan semakin merajalela? Apakah ekonomi Indonesia semakin terpuruk? ingatlah sejarah ‘kemenangan’ Allah melawan segala kuasa di bumi. Bahwa tidak ada satu kuasa pun di bumi yang tidak tunduk pada kuasa Allah. Dan kita harus terus berjuang seperti Hizkia yang dipakai Tuhan untuk membawa pengharapan  bagi bangsanya di tengah kesesakan.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES