more"/> more">
Kabar Ladang Misi - Terus bergerak bagi Misi-Nya : Misi Kalimantan ke 22
Last Updated : Jan 12, 2024  |  Created by : Administrator  |  267 views

Pelayanan Misi Kalimantan merupakan program misi yang dikerjakan oleh Perkantas Jatim sejak 2009 dengan proyeksi selama 25 tahun. Pada tahun 2023, Misi Kalimantan (MIKA) sudah dikerjakan selama 14 tahun dengan dan tim yang berangkat kali ini di beri nama Tim Mika 22. Dalam perjalanan misi kali ini, Tim Mika 22 membagi pelayanan di 2 tempat, RSU Bethesda Serukam dan Desa Tamong yang keduanya berada di Kalimantan Barat. Perlayanan di RSU Bethesda Serukam berlangsung dari tanggal 14-17 Desember 2023, dilanjutkan ke Desa Tamong hingga 26 Desember 2023.Tim kali ini terdiri dari 4 staf , 1 alumni dan 5 mahasiswa.

Di RSU Bethesda Serukam, Tim Mika 22 membantu dalam pelayanan di Rumah Sakit melalui bidang Pastoral Care, Manajemen dan Keuangan, Apotek, Elektromedika, IT. Pembagian ini disesuaikan dengan bidang studi yang diminati oleh adik-adik mahasiswa yang mengikuti Misi Kalimantan kali ini yang bertujuan untuk memberikan satu pengalaman baru bagi mahasiswa. Misi ini mengajak bagaimana mereka melihat ladang misi dan apa yang dapat dikerjakan sebagai mahasiswa untuk membantu. Tim IT secara khusunya, diberi tugas berkelanjutan untuk mengembangkan suatu program atau aplikasi baru Telemedicine. Tujuan dari aplikasi ini ialah memudahkan akses kesehatan secara digital bagi warga yang ada di pelosok Indonesia dan yang pertama kalinya di uji cobakan di Desa Tamong.

Pelayanan di Desa Tamong, Tim Mika 22 dibagi menjadi 3 tim, yaitu Tim Anak, Tim Visitasi/Keluarga, Tim Pemuda-Remaja. Tim Anak fokus untuk mengajak anak-anak menjadi murid Kristus dengan belajar dari karakter murid-murid Kristus dan mengajak anak-anak untuk memaknai hari kelahiran Yesus (Hari Natal). Tim Pemuda berfokus agar setiap Remaja-Pemuda yang ada di Tamong tidak hanya cukup membaca dan mempelajari karakter Kristus namun juga mengaplikasikan karakter Kristus dalam hidup mereka sehari-hari dengan langkah-langkah praktisnya. Tim Visitasi/Keluarga mengadakan program BGA, membuat kue dan Family Day bagi bapak-bapak dan ibu-ibu. Program BGA bertujuan untuk belajar Alkitab bersama yang lebih menekankan ke peran sebagai orang tua dan bagaimana mengaplikasikannya dalam keluarga dengan menjadikan Kristus sebagai pusat di dalam keluarga. Selain beberapa program Tim Mika 22, sosialisasi terhadap Telemedicine juga dilakukan ketika kunjungan di rumah warga dan akan ditindak lanjuti oleh perangkat desa di Desa Tamong.

Bersyukur pada tanggal 27 Desember 2023, Tim Mika 22 dapat kembali ke Surabaya, kiranya Tuhan yang terus bekerja dalam setiap pengalaman yang sudah dialami Tim Mika 22 yang singkat ini. Kami bersyukur setiap rekan-rekan yang terlibat dalam tim ini sangat diberkati dan kami makin melihat betapa perjalanan misi seperti ini sangat menolong kami bisa disegarkan secara rohani dan makin bisa mempertajam visi hidup kami masing-masing.  To God Be the Glory.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES