more"/> more">
Supremasi Kristus - Bahan Pemuridan
Last Updated : Aug 18, 2020  |  Created by : Administrator  |  252 views

Oleh Arianto Pakaang, M. Div

 

Pemandangan yang akan terjadi pada berakhirnya sejarah manusia dibumi adalah setiap lutut akan bertelut dan setiap lidah akan mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan (Filipi 2:10-11). Itulah inti dari Supremasi Kristus yang sedang kita bahas. Mengakui-Nya sebagai Tuhan artinya menjadikan Yesus Terutama, Tertinggi dalam hidup kita.

Dalam budaya apa pun, apalagi di zaman ini, yang sarat dengan kebebasan berpikir, bermimpi besar dan berkarya melampaui batas, orang tidak suka dibawah kendali yang lain. Karena itu menjadikan Yesus Supreme, yang berkuasa penuh dalam hidup seseorang menjadi pilihan yang sulit. Berbagai kecamuk muncul dibenak, “Mengapa Yesus yang harus dan layak mengambil posisi itu dalam hidup saya? Siapa Dia? Apa manfaatnya buat saya?”

Kerelaan untuk berada di bawah kuasa dan Otoritas Yesus akan lebih mudah dipahami jika kita menghayati kerapuhan diri kita dan ketidakberdayaan kita menghadapi situasi yang sulit dan tiba-tiba. Pandemi Covid 19 yang melanda sejak akhir 2019 menyadarkan dunia bahwa kecanggihan teknologi dan kemajuan dunia medis tidak siap menghadapinya. Ada hal-hal diluar kendali manusia. Seketika manusia sadar bahwa apa yang dapat diandalkan bisa sirna sekejap. Tidak sedikit yang terdampak, ada yang terjangkit, bangkrut, stress, depresi, dan yang menyedihkan banyak yang kehilangan orang yang dikasihi. Semua itu diam-diam menyelinap dan meninggalkan luka, kepahitan dan keputusasaan.

Ketika kita menghadapi kerapuhan dan ketidakberdayaan, disitulah kita membutuhkan penolong yang bisa memberi kita kekuatan dan harapan serta makna dan gairah hidup. Yesus dapat memberikan semua itu karena Dia yang memiliki hidup kita. “Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu; … segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia  (Kolose 1:16).”

Sebagai perancang hidup kita, Dia paling tahu dan mengerti segala pergumulan dan apa yang terbaik untuk masa depan kita. Dia pernah hadir di dunia, merasakan apa yang kita rasakan, sehingga Dia dapat menolong kita menghadapi berbagai kesulitan dan kesedihan. Dia telah datang menyelesaikan persoalan terbesar kita yaitu kematian atau kebinasaan kekal akibat dosa, apalagi persoalan lainnya dalam hidup kita. 

Dia menang atas kuasa maut dan bangkit dalam Tubuh Kemuliaan, sehingga ada masa depan yang cerah buat kita. Segala penderitaan zaman sekarang ini akan berlalu, karena Dia sudah menang, sehingga kita yang percaya akan dibangkitkan juga dalam tubuh kemuliaan yang sempurna. Ia naik ke Surga dan menyediakan tempat yang Terindah buat kita yang percaya di dalam kekekalan. Tempat dimana dosa dan maut serta segala penderitaan dan kesedihan tiada lagi.

Wow, itulah hidup yang pantas kita jalani. Itulah tujuan dan harapan yang paling bermakna. Hanya mereka yang membuka hati buat Yesus bertakhta sebagai Raja lah, yang akan mengalaminya. Serta merta kerapuhan dan ketidakberdayaan digantikan oleh kekuatan dan kegairahan di dalam penyerahan dan perlindungan dari Tuhan Yesus. Itu adalah pengalaman supranatural yang melibatkan pengetahuan, persetujuan dan keyakinan kita. Atau dengan kata lain pengalaman yang dikonfirmasi oleh seluruh keutuhan diri baik Akal, Kehendak dan Tindakan kita. 

Seseorang yang menjadikan Dia terutama, tujuan dan agenda hidupnya bukan lagi untuk mengejar kenikmatan dunia dan ambisinya. Terjadi perubahan yang radikal,  akan nampak dari cara dia berpikir, berkata, dan berbuat.

Pikirannya dibaharui, dulunya selalu diwarnai oleh nilai-nilai hidup dan keinginan dunia, kini dilandasi nilai-nilai kebenaran dan kehendak Tuhan. Cara dia memandang dirinya berubah dari minder atau sombong menjadi pribadi yang berharga dan rendah hati. Ia berubah menjadi orang yang bersemangat dan punya tujuan hidup yang jelas. Impian dan harapannya mengejar materi dan kejayaan fana berubah menjadi cita-cita dalam Rancangan Allah yang kekal.

Perkataannya berubah dari hal-hal yang kosong dan sembrono menjadi kata-kata yang bermakna, membangun, memberi penghiburan dan sukacita bagi orang yang mendengarnya. Perkataan yang dilandasi keyakinan akan Firman Tuhan, dan menyatakan Kabar Baik bagi dunia yang tak berpengharapan.

Perbuatannya diwarnai kasih dan motivasi yang murni. Perbuatan dalam kedagingan atau dosa tidak lagi membelenggunya. Ia merdeka dan memiliki kesukaan dan kerinduan yang baru. Kesukaannya untuk berelasi dengan Tuhan terlihat dari kecintaannya merenungkan Sabda-Nya dan berdialog dalam doa. Kerinduannya bersekutu dengan sesama, terlihat dari perhatian dan belas kasih serta kemurahan hatinya. Keputusan hidup yang diambilnya -apa pun itu- berlandaskan rencana dan kehendak Allah bagi keselamatan dunia ini di dalam Yesus Kristus.

Jika engkau ingin mengalami hidup yang bermakna dan bergairah seperti itu, ambillah keputusan untuk menjadikan DIA Supreme dalam hidupmu. Undanglah Dia masuk dalam hatimu, menjadi Raja dan mengarahkan seluruh langkahmu menuju kekekalan. Dia menanti engkau, sudah terlalu lama engkau hampa. Dia mau memberimu Hidup Sejati.

 

Anda dapat melakukan Pendalaman Alkitab dengan klik

www.pemuridan.perkantasjatim.org


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES