more"/> more">
5 Tips Mencintai Tuhan versi Kpopers - Student Writing
Last Updated : Aug 14, 2020  |  Created by : Administrator  |  249 views

Oleh Jessica Aurellia *)

           

            Siapa yang tidak tahu dengan Kpop di zaman ini? Kpop adalah sebuah genre musik campuran Korea-Barat yang telah menarik perhatian dunia, dengan musik maupun visual para idol dan penyanyinya. Banyak dari lagu-lagu Kpop yang terkenal hingga mempengaruhi dunia musik barat. Ada pula yang masuk dalam nominasi awards dan menembus peringkat Billboard. Dalam dunia Kpop  terdapat sebutan bagi para fans nya yaitu Kpopers. Kpopers  ini bukan hanya ada di Korea namun di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kpopers ini biasanya sangat mencintai artis idolanya sehingga melakukan berbagai hal untuk mendukung artisnya.

            Jika dengan idola saja mereka rela mendukung dengan berbagai hal, bagaimana dengan Tuhan? Tuhan yang menciptakan dan menyayangi kita bahkan idol kita. Namun, meski Tuhan sangatlah penting sering kali kita menduakan-Nya dengan idola kita. Karena itu, lima tips berikut dapat menjadi alternatif sikap untuk kita dapat lebih mencintai Tuhan versi Kpopers.

  1. Habisin Waktu buat Idol Berjam-jam = Habisin Waktu Buat Tuhan

Pertama tentang waktu. Sebagai Kpopers, kita bisa menghabiskan berjam-jam waktu kita untuk menonton streaming musik, video acara artis, dan banyak acara serta event yang berkaitan dengan idola kita. Kita bisa dengan lama berjam-jam melihat layar ponsel ataupun komputer untuk melihat idola kita. Meski berjam-jam, sebagai Kpopers  kita tidak merasa bosan, bukan? Menyanyi, mendengarkan, dan membicarakan idol yang kita sukai begitu menyenangkan hingga waktu tak terasa.

Bagaimana dengan waktu kita bersama Tuhan? Apakah kita terlalu sering melihat idola kita hingga lupa dengan Tuhan? Pada kenyataanya saya juga seperti itu, namun saya berusaha menanganinya. Pertama saya menentukan jadwal untuk “saat teduh” dan membaca Alkitab. Awalnya sulit, tetapi saya menggunakan alarm untuk membantu saya. Selain itu, saya merasa tertegur dengan salah satu ayat Alkitab dalam Ibrani 10:25: “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita,  seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati,  dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” Melalui ayat tersebut saya sadar bahwa kita harus mengubah sikap kita untuk lebih meluangkan waktu untuk Tuhan, lebih daripada untuk idola kita. Jadi ingatlah untuk selalu memberikan waktu untuk Tuhan kapanpun dan dimanapun, sebab Dia rindu bersama-sama denganmu

 

  1. Menyanyikan  Lagu  Idol = Menyanyikan Pujian untuk Tuhan

Yang kedua adalah tentang metode kita. Sering kali kita bersemangat menyanyikan lagu idola kita sambil menirukan gerakan idola kita dengan dance maupun fanchant. Bahkan kita bisa bernyanyi sekencang-kencangnya dan bersemangat. Namun, bagaimana dengan lagu pujian? Jika kita menyanyikan lagu idola kita dengan bersemangat, seharusnya kita menyanyikan lagu pujian dengan bersemangat juga. Sadarkan kita, bahwa Tuhan ingin mendengar suara merdu kita yang memberikan lagu pujian untuk-Nya. Hal itu terdapat dalam Alkitab yaitu (Mazmur 150:6), “Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan Haleluya! Jadi mulai sekarang, yuk menyanyikan lagu pujian dengan bersemangat.

 

  1. Stalker Idol= Stalker Tuhan

Ketiga, mengenai rasa ingin tahu kita. Sebagai Kpopers pasti kita sering stalker atau mencari tahu lebih mengenai idola kita, entah agensinya, gaya oufitnya, bahkan aktivitasnya sehari-hari. Kita selalu penasaran dan mencari tahu melalui Instagram, Youtube, V-live dan berbagai media sosial lain. Namun, bagaimanakah dengan stalker tentang Tuhan? Caranya gampang sekali, karena hanya ada satu kuncinya; yaitu Alkitab. Seperti layaknya ingin tahu tentang idola kita, kita juga harus cari tahu tentang Tuhan. Hal ini terdapat pada beberapa ayat Alkitab, salah satunya tentang perumpamaan seorang penabur (Matius 13:1-23). Kita dapat lebih memahami karakter Tuhan dan semakin dekat dengan-Nya dengan mencari-Nya melalui Alkitab. Jadi kalau mau stalker Tuhan, jangan lupa baca Alkitab.

 

  1. Beli Album Idol = Beri Persembahan pada Tuhan

Keempat adalah pengorbanan kita. Kita pasti sering membeli barang-barang idola kita. Kita sering membeli album, stiker, photocard, bahkan light stick fandom. Meskipun uang yang kita keluarkan sangat banyak, demi idola, kita mau mengeluarkanya. Lalu bagaimana dengan Tuhan? Apakah kita juga sudah memberikan persembahan pada Tuhan? Persembahan dalam gereja maupun dalam membantu sesama kita? Jika demi idola kita membeli barang mahal, pasti kita juga bisa memberikan persembahan. Seberapa pun jumlahnya yang penting tulus. Tuhan pasti senang. Seperti catatan 2 Korintus 8:12, “Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu.” Jadi jangan lupa beri persembahan ya.

 

  1. Ceritain Bias ke teman-teman = Ceritakan Yesus sebagai Kabar Baik ke teman-teman

Pasti semua Kpopers pernah melakukan ini. Biasanya kita para Kpopers berkumpul dan menceritakan Bias (orang yang diidolakan). Kita bahkan bercerita dengan bersemangat, hingga teman kita ikut menyukai idola kita. Namun, bagaimana dengan bercerita tentang Kabar Baik? Bukankah kita diberi Amanat Agung untuk membagikan Kabar Baik? Seperti Tuhan Yesus katakan sendiri dalam Markus 16:15, “Lalu Ia berkata kepada mereka Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah injil kepada segala makhluk.’” Jadi, jika kita bersemangat dengan bercerita tentang Bias, seharusnya kita juga bersemangat membagikan Injil. Jadi, semangatlah memberitakan Injil, agar kita dapat membagikan berkat pada sesama.

Nah, itulah 5 tips untuk lebih mencintai Tuhan versi Kpopers. Ingatlah, Tuhan sangat mengasihi kita, maka itu kasihilah Dia dengan tulus melebihi segalanya, bahkan idola kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Tuhan Yesus memberkati.(* Penulis adalah adik binaan siswa Kelas 11 SMA 1 Giri~Banyuwangi)


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES