more"/> more">
Student Writing - BERGULAT DALAM AMARAH
Last Updated : Dec 11, 2020  |  Created by : Administrator  |  94 views

Mazmur 37 : 8

Berhentilah marah  dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan.

 

Apakah kamu pernah marah-marah tidak terkendali atau merasa emosimu berkecamuk tidak karuan. Beberapa waktu lalu saya mengalami hal ini, saya sering marah-marah karena berselisih dengan adik saya. Mungkin bagi sebagian orang kemarahan itu wajar, namun apabila berlarut-larut dapat menimbulkan suatu petaka. Suatu hari saya memarahi adik saya seperti biasanya, namun kali ini sampai lepas kendali dan tanpa saya sadari saya memukulnya.

Waktu saya mendengar adik saya menangis dan meraung dengan keras akibat pukulan tersebut,  saya tersadar bahwa kemarahan berdampak sangat buruk dan dapat membawa saya ke dalam kejahatan. Hal ini, mengingatkan saya tulisan Pemazmur yang menegur dengan keras, yaitu dari Mazmur 37 : 8. Ayat ini mengingatkan saya bahwa kemarahan berlarut hanya akan membawa kita kepada suatu kejahatan.

Melalui ayat itu saya belajar dan berusaha untuk bergulat dengan kemarahan saya. Saya berusaha lebih sabar dan lebih mengedepankan didikan kasih pada adik saya. Seperti ayat Alkitab tadi saya juga belajar dari seorang tokoh fiksi yaitu Hulk. Dalam sebuah film, Hulk pertama kali digambarkan sebagai seorang pemarah yang tidak terkendali, yang akan merusak apapun yang ada di sekitarnya. Namun, seiring berjalanya waktu dia terus belajar mengendalikan emosinya sehingga dia dapat memegang kendali atas dirinya.

Maka dari itu teman-teman, yuk mari bersama-sama bergulat melawan amarah. Terkadang itu memang berat, namun ingatlah bahwa Roh Kudus akan menolong kita dan memampukan kita untuk berubah, teruslah berdoa, bergumul dan belajar mengendalikan emosimu.

Doaku :

Ya Bapa, ubahkanlah saya agar dapat mengendalikan emosi sehingga tiadalah kejahatan yang akan timbul dalam diri saya

(*Ditulis oleh Jessica Aurelia, adik binaan siswa Kelas 11 SMA 1 Giri~Banyuwangi sedang belajar banyak menulis  dan kali ini Jessica sedang belajar menulis renungan singkat)

 

* Ilustrasi gambar diambil dari https://unsplash.com/photos/5otlbgWJlLs


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES