more"/> more">
Liputan Raker BPC Jawa Timur 27-28 November 2020
Last Updated : Dec 11, 2020  |  Created by : Administrator  |  125 views

Don&'39;t become discouraged (tidak menjadi tawar hati)

“Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus” -2 Korintus 4:5-

 

Jika harus menyimpulkan raker BPC Perkantas Jatim yang lalu, Ayat di atas dapat mewakilinya, setidaknya untuk merangkum eksposisi selama 2 hari yang disampaikan oleh Kak Berman dan Kak Candra. Sangat tepat bila raker kali ini mengusung tema “Tidak Menjadi Tawar Hati”, bahwasanya di tengah pandemi Covid-19 kami harus mengevaluasi kualitas dan kuantitas Penginjilan dan pemuridan, tantangan melayani dengan metode daring serta menghadapi tantangan regenerasi dan stagnasi dalam pelayanan  sangat mungkin untuk membuat kita tawar hati.

Kenyataan bahwa setiap pelayan pernah/tengah tawar hati tak terbantahkan dan tidak mudah diatasi dengan sebuah perintah “Jangan tawar hati!”, namun melalui eksposisi mendorong peserta raker untuk merenungkan dua pertanyaan mendasar : jika Allah yang mempercayakan pelayanan ini, apa dasar yang kuat bagi kita untuk menjadi tawar hati? Jika Allah yang kita beritakan dalam pelayanan, mengapa diri sendiri, angka-angka pemuridan dan kuantitas pengurus/PKK atau regenerasi yang lambat menjadi tolak ukur keberhasilan pelayanan? Pelayan adalah bejana-bejana tanah liat, namun dipakai Allah untuk menjadi kemuliaan bagiNya. Tidak menjadi persoalan bejananya terbuat dari apa, tapi apa isi bejana itu lebih penting. Pesan yang kuat ini menekankan bahwa kita adalah hamba yang dipercayai : Allah mempercayakan kemuliaan-Nya untuk dinyatakan di dalam dan melalui bejana yang rapuh.

Meski dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, namun peserta raker sangat antuasias mengikuti raker akhir tahun ini. Usai eksposisi, lebih dari 140 peserta melakukan rapat dalam 5 room berbeda yaitu komponen siswa, mahasiswa, alumni, kantor dan board untuk mendiskusikan secara mendalam apa yang sudah dicapai di tahun 2020 dan  hal penting apa yang perlu diperbaiki dan ditindaklanjuti di tahun 2021.

Beberapa hal yang menjadi poin sentral ke depan adalah pertama, pelayanan yang mengutamakan kualitas dan relasi. Kedua, keterlibatan orangtua siswa menjadi sangat vital untuk mendorong mereka bertumbuh dalam masa pandemi. Ketiga, Akselerasi Staf serta keempat, kreativitas pelayanan media sosial seperti integrasi ilmu dan iman melalui Focus Group Discussion (FGD), pembuatan konten kreatif media sosial untuk mendorong kegerakan pemuridan, pembinaan pra alumni.

Kegerakan pelayanan Alumni  tahun depan secara khusus akan berfokus untuk menghadirkan Alumni yang  makin bertahan, berjuang, bertumbuh (3B) ke arah Kristus, menghadirkan alumni yang mendukung, menopang, mengerjakan (3M) pelayanan, dan pelayanan alumni yang terintegrasi, transformatif, terlibat (3T).

Dalam raker kali ini juga dilaksanakan pelatikan pengurus BPR, Pimpinan Cabang dan Koordinator departemen pelayanan oleh BPC Jatim , dan juga Pelantikan Pengurus BPC oleh Bp. Lukman Tjahaja (Bendahara PHN) mewakili Bp. Daniel Adipranata. Dengan diteguhkannya kepengurusan tersebut sekaligus menutup serangkaian raker BPC Perkantas Jawa Timur tahun 2020. Selamat melayani. Soli Deo Gloria //Lidya S.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES