more"/> more">
The Purest Romance in Easter: Love, Sacrifice, and Salvation
Last Updated : Apr 07, 2021  |  Created by : Administrator  |  730 views

Project Pena Murid Perkantas Jatim untuk Gerakan Injil Kerajaan-Nya

 

 

Oleh Jessica Aurelia

 

Tidak terasa momen Paskah kembali datang. Momen dimana kita memperingati pengorbanan Yesus di kayu salib. Tetapi tahukah kamu, bahwa dalam momen Paskah ini ada kisah yang sangat romantis. Bukan kisah romantis antara pria dan wanita (eros), tetapi tentang kasih yang murni dari Bapa (Agape). Lalu, bagaimanakah kisah romansa ini? Mari kita refleksikan bagian per bagian.

Pertama, Tuhan sangatlah mengasihi kita dengan kemurnian kasih-Nya yang tanpa syarat. Kita dapat melihat kasih-Nya melalui berkat yang Ia berikan dalam kehidupan sehari-hari, dan juga melalui firman Tuhan. Yohanes 13:34-35 menulis: “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.” Dari ayat itu kita  melihat bahwa Allah mengasihi kita dan menganggap kita sangatlah berharga.

Kedua, karena dosa, kita semakin menjauh bahkan terpisah dari Tuhan. Sebuah kisah yang indah berubah menjadi kelam. Kita semakin menjauh dan melupakan Tuhan yang mengasihi kita. Kita beralih pada dunia dan meninggalkan Dia. Hal ini dapat dilihat dari realita saat ini yang sesuai dengan firman Tuhan dalam 1 Yohanes 3:4: “Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.” Melalui ayat itu kita dapat melihat bahwa setiap kita pernah menjauh dari Allah dan menyakiti hati-Nya.

Ketiga, oleh karena kasih-Nya yang begitu besar Tuhan menghampiri kita. Dia mencari kita dan memeluk kita kembali ke dalam dekapan-Nya. Dia ingin kita semua selamat dan bersekutu kembali dengan-Nya. Dia rela datang ke dunia, bahkan mengambil rupa hamba untuk menyelamatkan kita. Puncaknya adalah ketika Dia rela menderita di kayu salib untuk menggantikan kita, menyelamatkan kita dari hukuman kekal. Dia datang, mati, dan bangkit untuk menyucikan kita, sehingga kita dapat bersama-sama lagi dengan Dia. Hal ini, terdapat pada Yohanes 3:16, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Terakhir, Yesus sedang menyediakan tempat bagi kita di sorga. Meski telah di sorga, Dia tetap menyertai kita dengan Roh Kudus-Nya. Dia tahu, kita seringkali merasa bimbang akan hal-hal di dunia ini. Maka Dia memberikan Roh Kudus yang akan menuntun kita. Hal ini terdapat dalam Yohanes 14:15-17, “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

Nah, itulah kisah romansa dalam momen Paskah yang sangat bermakna. Terkadang kita lupa akan kisah yang indah ini, karena terhisap dalam sibuknya dunia. Namun, meski kita sibuk, ingatlah akan kasih-Nya yang selalu menyertai kita. Di saat kau ragu dan bimbang, ingatlah kisah kasih ini yang akan selalu memberi kekuatan bagimu. Thank you and God bless you.


 

  • Jessica Aurelia, siswa kelas 12 SMA Giri 1 Banyuwangi ini sedang mempersiapkan Ujian Tulis masuk Universitas (UTBK). Gadis yang biasa disapa Jesjes ini memiliki hobi menggambar kartun dan menulis. Motto yang membangkitkan semangat hidupnya Pray Believe,  Do And Reach Your Dream With God.

Kesan Jesjes bergabung dalam komunitas Pena Murid Perkantas Jatim : “ Belajar menulis nya sangat asik bisa punya teman baru dan pengalaman, serta ilmu baru. Pembimbingnya ramah dan bakal membimbing baik secara teknis maupun ide ceritanya. Dan yang terpenting bisa jadi berkat dari karya yang kita hasilkan.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES