more"/> more">
Hidup Bagi Injil
Last Updated : Apr 19, 2021  |  Created by : Administrator  |  125 views

Oleh Wahyu Respati Wulandari

 

 

Orang Israel kuno percaya bahwa ketika mereka meninggal dan dikuburkan di Hades, jiwa mereka akan turun dan tinggal dalam dunia bawah yang gelap. Kebudayaan-kebudayaan kuno lainnya tidak jauh berbeda. Mereka percaya bahwa jiwa tidak akan mati, tetapi tetap ada walaupun tubuh telah mati. Kebangkitan dalam Perjanjian Baru berbeda dengan kebudayaan-kebudayaan itu, karena seluruh keberadaan seseorang, termasuk tubuhnya, akan dibangkitkan. Ketika bangsa Israel berada dalam pembuangan, beberapa nabi bernubuat bahwa akan ada seseorang yang hidup kembali setelah mengalami kematian. Nubuatan yang disampaikan dengan keyakinan itu untuk menolong umat Allah melihat sebuah pengharapan atas hidup mereka.

 

1 Korintus 15:1-11 memberikan sebuah pengajaran mengenai pengharapan orang Kristen akan kehidupan setelah kematian. Dalam suratnya ini Paulus menyampaikan sebuah berita Injil yang memiliki kuasa untuk menyelamatkan (ay.1-7). Apa yang disampaikan Paulus merupakan sebuah pengalaman yang terlebih dahulu ia alami (ay.8-11). Paulus sebelumnya adalah seorang penganiaya jemaat dan pembunuh pengikut Kristus. Bahkan Paulus merasa bahwa dirinya adalah rasul yang paling hina, karena apa yang telah di lakukannya kepada para pengikut Kristus. Namun, Kristus memilihnya untuk memberitakan Injil.

 

Ayat 10 menjadi sebuah penyataan penting dari Paulus Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.Kasih karunia yang diterima Paulus memampukannya untuk hidup bagi Injil, dan memberikan sebuah pengharapan yang baru. Bukan karena kehebatan Paulus sehingga Injil bisa disampaikan, namun karena Allah yang menyertainya. Sama seperti Yesus yang telah dibangkitkan dari kematian, Paulus dibangkitkan untuk kehidupan yang baru.

 

Menghidupi panggilan kita sebagai orang yang telah diubahkan Injil dan menerima keselamatan merupakan kasih karunia yang Allah berikan. Kasih karunia dan pengampunan yang Allah berikan kepada kita tidak percuma. Merespons kasih karunia yang Allah berikan dengan hidup berjuang bagi Injil. Kita perlu membagikan kabar sukacita Injil itu bagi banyak orang. Berita Injil itu harus kita bagikan kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Ruang dan waktu tidak dapat membatasi kita untuk menyampaikan Injil dan kabar keselamatan kepada mereka yang membutuhkannya. Bukan karena kehebatan dan kemampuan kita bisa bersaksi bagi Injil, namun karena Allah menyertai kita.

 

Kematian Kristus di kayu salib untuk menanggung dosa kita menjadi bukti kasih Allah bagi umat manusia. Seharusnya kitalah yang menerima kematian akibat dosa-dosa itu. Nubuatan para nabi tentang kebangkitan setelah kematian digenapi oleh Kristus dan ini menjadi kemenangan Kristus atas maut. Demikian juga hidup kita, kemenangan Kristus atas kematian juga menjadi sebuah pengharapan bagi kita murid-Nya. Dia mengalami maut supaya kita selamat dan mendapatkan hidup. Keselamatan menjadi sebuah pengharapan bagi kita orang percaya. Mari kita terus menyadari anugerah Allah melalui kematian Kristus di kayu salib yang memberikan hidup. Kiranya kita dapat terus menghayati pengorbanan Kristus di kayu salib, dan hidup mengerjakan keselamatan yang Dia beri dengan cara bersaksi menyaksikan Injil dari generasi ke generasi.

 

*) Wahyu Respati Wulandari, melayani di Perkantas Jember sebagai staf siswa, di tengah kesibukannya, ia terus memiliki kerinduan untuk mengembangkan kemampuan menulisnya . Saya bersyukur dengan adanya komunitas Pena Murid, saya sangat ditolong memiliki skill menulis yang baik. Kiranya melalui Komunitas Pena Murid banyak siswa dan mahasiswa bisa dimuridkan melalui tulisan-tulisan yang hadir dan bisa menjadi berkat.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES