more"/> more">
Kabar Pelayanan Siswa Regional BERSINAR: Bersama Siswa Indonesia Berkarya
Last Updated : May 28, 2021  |  Created by : Administrator  |  339 views

Hari Doa Siswa Nasional di Jember-Surabaya-Kediri-Malang-Mataram-Mojokerto

HDSN (Hari Doa Siswa Nasional) adalah salah satu kegiatan bersama Siswa  Perkantas Indonesia untuk sehati berdoa di tengah-tengah pergumulan siswa dan pelayanan siswa . Dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, HDSN kali ini mengambil tema “BERSINAR” Bersama Siswa Indonesia Berkarya.

HDSN 2021, mengajak seluruh siswa/i berdoa dan berkarya bagi Indonesia sejak kini.  Sepanjang Mei 2021, mari bersama siswa merenungkan kisah-kisah yang dibagikan sesama siswa dari seluruh Indonesia dengan berbagai topik.Kiranya melalui HDSN 2021, siswa/i Indonesia terinspirasi untuk pulih dari rasa remeh diri dan beranjak menjadi berkat bagi keluarga, kota serta bangsa. Berikut rangkaian kegiatan HDSN yang dilakukan di beberapa kota Regional Jawa Timur.

 

Pelayanan Siswa Perkantas Jember

Persekutuan Siswa Kristen Jember (PSKJ) melaksanakan HDSN pada Jumat, 12 Mei 2021. Masih dalam kondisi pandemi, HDSN dilaksanakan secara daring. Persekutuan ini dilaksanakan sore hari dengan durasi acara 1,5 jam. Selain dihadiri oleh siswa dari sekolah yang sudah dilayani, PSKJ juga mengundang guru agama dan juga siswa dari sekolah-sekolah yang belum dilayani. Namun tidak semua dapat hadir dalam persekutuan HDSN ini, total kehadirannya kurang lebih 70 orang.

Renungan dibawakan oleh Dra. Muji Utami, beliau adalah kepala sekolah di   SMP Kristen Cahaya.. Ibu Utami adalah salah satu alumni dari pelayanan Permaker (Persekutuan Mahasiswa Kristen Jember) yang pernah terlibat dalam perintisan pelayanan PSKJ. Dalam renungan yang diambil dari Matius 5:13-16, Ibu Utami mengajak para siswa yang telah dikasihi Allah, untuk memenuhi panggilan seorang murid yaitu menjadi garam dan terang dunia.  Siswa diajak untuk menyatakan panggilan tersebut melalui hidup mereka saat ini. Siswa juga didorong untuk hidup berintegritas dan berkarya dengan apa yang mereka miliki saat ini sehingga menjadi berkat di rumah, sekolah dan bangsa. Kemudian siswa diajak kembali berdoa bagi Indonesia, kondisi siswa dan pendidikan saat ini. Bersyukur untuk keterlibatan para siswa dalam berdoa bersama bagi siswa di Indonesia, kiranya siswa-siswa terus memiliki hati yang mau berdoa dan berkarya untuk menjadi garam dan terang dunia.

 

Pelayanan Siswa  Perkantas Surabaya

Dilaksanakan pada 22 Mei 2021, HDSN pelayanan Siswa Surabaya mengikuti tema dari Perkantas Nasional yaitu  “Bersinar”- Bersama Siswa Indonesia Berkarya, dilakukan  secara daring melalui media Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh 40 peserta baik siswa, pemimbing dan juga kakak Staf.  Kami diberkati dengan renungan firman Tuhan yang disampaikan oleh Kak Wahyu Respati dari Perkantas Jember,  yang diambill dari Matius 5: 13-16. Kami diingatkan kembali bahwa setiap kita memiliki identitas sebagai  garam dan terang  dunia. Kehadiran kita di tengah dunia ini juga menghadirkan Kristus. Tidak hanya secara pengetahuan saja dipahami, namun harus dilaksanakan dengan nyata memberikan dampak bagi sekitar, serta kita diajak mewaspadai untuk mencegah terjadinya pembusukan dan terus bersinar terang di dalam lingkungan kita masing-masing.

Kami juga bersyukur,  dalam kesempatan ini  kami mengadakan pelantikan pengurus Student Fellowship (SF) yang memberi diri untuk melayani bersama. Kerinduan kami dengan adanya pengurus baru ini,  SF makin efektif dan maksimal menjadi wadah kontekstual demi mempersiapkan serta melibatkan siswa-mahasiswa untuk menjangkau siswa - siswa. Doakan agar setiap pengurus dapat mengerjakan peran dan  tanggung jawabnya dengan baik, biarlah Allah yang memimpin mereka

 

Pelayanan Siswa Perkantas Kediri

Kegiatan HDSN pelayanan siswa Kediri diadakan pada Jumat, 21 Mei 2021, walaupun diadakan secara daring, antusias kehadiran 80 peserta rekan-rekan siswa dari berbagai sekolah, TPS, staf dan guru-guru agama sangat kami rasakan. Firman yang dibawakan oleh Kak Wahyu Respati  diambil dari Matius 5:13-16 , mengajak kami untuk terus bercahaya memancarkan terang kasih Tuhan, dimanapun kami berada. Terang tidak bisa disembunyikan, rasa asin garam tidak tertutupi oleh rasa yang lainnya. Begitu pula dengan kehidupan orang Kristen. Orang Kristen tidak boleh menyembunyikan diri terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi. Kasih orang Kristen tidak bisa tertutupi oleh apapun, kasih itu harus dinyatakan.

Meskipun dilaksanakan secara daring, hal itu tidak menyurutkan semangat kami untuk ambil bagian berdoa bagi dunia siswa, keluarga, kota dan bangsa Indonesia. Karena sama seperti terang yang tidak bisa disembunyikan, dan seperti garam yang tidak menutupi rasa asinnya, pandemi covid-19  tidak bisa menghalangi kami untuk bersekutu dan berdoa. Pandemi ini justru menyatukan kami yang sulit berjumpa karena kami tinggal di kota yang berbeda, yaitu Kediri, Pare dan Tulungagung. Tuhan Memberkati.

Pelayanan Siswa Mojokerto

Tetap “Bersinar” di masa pandemi. Sulitkah bagi siswa-siswa Kristen?  Di tengah banyaknya siswa yang mengeluh bosan, jenuh, tidak menikmati pembelajaran online, apakah mungkin siswa Kristen tetap bisa bersinar? Alkitab dengan jelas mengingatkan identitas orang percaya yaitu sebagai GARAM dan TERANG. Tidak peduli di mana pun dan kapanpun identitas itu melekat. Identitas itu tidak berubah meski di masa pandemi ini. Meski tidak bisa bertatap muka, dibatasi untuk pergi ke suatu tempat, harus berjarak, namun kehadiran sebagai sebagai GARAM dan TERANG tidak tergantikan. Jika identitas itu luntur, maka kehidupan kita tidak berfungsi lagi di tengah dunia ini. Inilah yang diuraikan Kak Cendana dalam acara Hari Doa Siswa di ibadah PERSISTEN Mojokerto, pada 22 Mei 2021. Firman yang menegur dan mengingatkan agar siswa tetap “Bersinar” atau hidup berdampak dalam studinya, atau dalam mengisi waktu selama pandemi.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 22 peserta dari SMPN 2, SMP 6 kota, SMAN 1 Puri dan SMAN 1 Sooko ini juga ikut mendoakan pergumulan kota Mojokerto dan bangsa, pelayanan siswa di Mojokerto, dan suku-suku terabaikan. Student inisiatif juga perlu dibangun dengan  melibatkan siswa untuk memimpin acara dan membuat video berkaitan dengan tema yang diangkat apa yang mereka lakukan supaya tetap bersinar di masa pandemi.

Di akhir acara,  siswa-siswa dikelompokkan masuk dalam “Breakout Room” untuk sharing apa yang mereka dapatkan dari Firman Tuhan dan komitmen yang bisa dilakukan agar tetap bersinar. Berharap dari rangkaian acara HDS siswa-siswa tetap memiliki kerinduan untuk tetap bertumbuh dan semangat untuk terus bersinar di tengah-tengah situasi yang sulit ini.

 

Pelayanan Siswa Perkantas Mataram

Bersyukur hari Doa Siswa Nasional Perkantas Mataram diadakan pada Sabtu, 22 Mei 2021. Dengan mengambil tema serentak dari Nasional,  acara ini mengajak para siswa menyadari bahwa dirinya adalah seorang siswa yang siap bersinar di tengah dunia. Tidak menundanya menunggu nanti, tapi sejak sekarang mulai menjadi berkat bagi keluarga, menjadi berkat  bagi Kota. Dan siap bermimpi dan menjadi berkat bagi negeri. HDSN 2021 mengajak seluruh siswa-siswi berdoa sepanjang bulan Mei maka itu kami membagikan pokok doa setiap harinya kepada siswa untuk didoakan juga merenungkan kisah-kisah yang dibagikan sesama siswa dari seluruh Indonesia dengan berbagai topik .

Kegiatan ini diadakan secara daring melalui aplikasi Google Meet, dihadiri oleh 20 orang. Doakan HDSN ini agar siswa-siswa didorong untuk makin bergantung kepada Tuhan .

 

Pelayanan Siswa Kota Malang - Hari Doa Siswa Nasional (HDSN) 2021

Hari Doa Siswa Nasional (HDSN) di laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia sepanjang bulan Mei. Kota Malang sendiri melaksanakan acara Hari Doa Siswa ini, pada Rabu, 12 Mei 2021 yang lalu. Bersyukur untuk pelaksanaan HDS yang berjalan dengan baik dan lancar, sekalipun masih dalam bentuk virtual. Acara ini sepenuhnya di kerjakan oleh Tim Kreatif (TK) siswa, jadi slogan “dari siswa, oleh siswa, dan untuk siswa” sangat pas untuk acara HDS tahun ini (HDS tahun-tahun sebelumnya, masih melibatkan alumni siswa ataupun TPS).

Bersyukur, ketika siswa yang menggerakkan sendiri, maka teman-teman siswa lebih banyak yang ikut bergabung dalam acara HDS ini, peserta yang daftar di Google Form pendaftaran sekitar 120an (Siswa saja) dan yang hadir pada hari H sekitar 110 orang (semua termasuk staf, TPS). Ini adalah angka yang tinggi, mengingat bahwa adik-adik siswa cukup bosan dengan acara online. Syukur kepada Allah.

Puji Tuhan, Follow Up HDS tahun ini adalah menjadi pendoa untuk pokok-pokok doa yang dikirim di Story IG @PSKM, dan menjadi penggerak doa di Persekutuan Sekolah masing-masing.  Dan dari acara HDS ini-pun ada anak yang meminta untuk di KTB. Doakan agar semua komitmen dapat di Follow Up dengan baik.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES