more"/> more">
Kabar Ladang Jember : Reportase Pelayanan Alumni Jember: “Sharing Wawancara Kerja”
Last Updated : Jun 25, 2021  |  Created by : Administrator  |  65 views

Bersyukur PAK Jember  sudah tiga kali mengadakan Pelatihan Trainer Kepemimpinan dan Spiritualitas sejak bulan Maret lalu yang masing-masing dibawakan oleh Kak Wawan, Kak Sutan dan Kak Bayu; Pada bulan Juni ini, sesi terakhir direncanakan sebagai evaluasi pelatihan yang sudah dilakukan, diganti menjadi sharing tentang wawancara kerja. Hal ini dilakukan dengan melihat kebutuhan mendesak untuk para alumni baru saat harus menghadapi wawancara kerja.

Acara sharing Wawancara Kerja dilakukan pada 19 Juni 2021. Acara dilaksanakan dengan aplikasi zoom. Sebagai fasilitator adalah kak Roni Tricahyono (ketua Permaker 1998-1999). Acara berjalan sangat menarik karena banyak bermunculan pertanyaan peserta terkait lamaran kerja, wawancara bahkan saat mulai bekerja. Dalam sharing ini kak Roni mengingatkan pra-alumni dan alumni baru untuk senantiasa melihat dari perspektif kehendak Tuhan, di manapun Tuhan menempatkan.

Dalam pelatihan ini juga muncul tips-tips yang menambah wawasan bagi alumni-alumni baru, diantaranya  saran agar sebaiknya para alumni baru menekuni suatu pekerjaan minimal dua tahun di satu tempat kerja (pada masa awal bekerja),  hal ini terkait dengan diperlukannya pengalaman kerja. Sementara saat wawancara kerja, sebaiknya menampilkan diri seperti apa adanya, tidak menggunakan topeng diri, karena hal ini justru akan merepotkan diri sendiri nantinya. Jikapun berhasil, menampilkan topeng diri paling lama hanya mampu setahun saja, setelah itu, pasti akan diketahui siapa diri kita. Kondisi kerja yang ada akan menampilkan diri sebenarnya.

Melihat kondisi pra-alumni dan alumni baru, perlu disiapkan pendampingan untuk alumni baru yang sedang memulai kerja baru atau berada di dunia kerja yang baru. Kegiatan ini nantinya diharapkan menolong para alumni baru memiliki teman dalam sharing dengan segala pergumulan yang dialami. Tuhan memberkati.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES