more"/> more">
Psychology Corner Merdeka dan Bebas Stres Selama Pandemi
Last Updated : Aug 27, 2021  |  Created by : Administrator  |  48 views

Oleh Kristin Nita Maria Puspa,S.Psi*)

Sudah 1,5 tahun bangsa Indonesia mengalami krisis yang disebabkan oleh wabah Covid-19. Wabah ini telah mengubah banyak hal, memberikan tantangan dan mempengaruhi banyak sektor tanpa kita dapat membayangkan sebelumnya. Jika kita melihat kembali kebelakang, kita sudah melewati 2 kali masa puncak kasus pandemi Covid-19 dan angka kematian meningkat pesat dalam kurun waktu yang cepat.

Berbagai masalah multidimensi yang ditimbulkan ini tentu menumbuhkan kekuatiran pada banyak orang, apalagi yang mengalami dampaknya secara langsung. Rasa kuatir yang berlebihan ini akan berdampak pada kejiwaan seseorang atau biasa disebut dengan stres. Salah satu penyebabnya adalah informasi yang melimpah dan dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun tanpa kemampuan untuk menyaring antara fakta atau sekedar cerita bohong atau hoax. Sebagian orang setelah mengakses informasi yang sifatnya berlebihan akan memberikan dampak yang buruk terhadap kondisi psikisnya. Perasaan kuatir, takut, merasa terancam akan kesehatan dan kondisi lainnya.

Stres diketahui dapat menurunkan imunitas tubuh, sedangkan yang dibutuhkan untuk menangkal Covid-19 adalah imunitas yang baik. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres saat pandemi Covid-19 adalah sebagai berikut:

Tetap mencari informasi, namun tidak berlebihan.

Cara mengatasi stres yang pertama adalah dengan membatasi informasi yang diakses, mendapatkan informasi terkini terkait wabah ini memang perlu dilakukan, namun tidak perlu berlebihan. Untuk menghindari mengakses informasi yang berlebihan, kita dapat mengakses informasi dari sumber terpercaya saja, misalnya dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Fokus pada hal yang dapat dikontrol.

Yang ke-2 adalah dengan fokus pada hal yang dapat kita kontrol. Ada banyak hal yang tidak dapat kita kontrol, seperti misalnya, berapa lama pandemi berlangsung, bagaimana kebijakan pemerintah, bagaimana sikap orang lain dan apa yang terjadi selanjutnya. Fokus terhadap hal yang dapat kita kontrol contohnya adalah menerapkan program pemerintah seperti mentaati PPKM, tidak bepergian, tidak berkerumun, memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga hidup sehat. Selain itu, kita juga dapat mulai mencari tahu kondisi diri dengan skrining kesehatan, dengan demikian kita akan tahu bagaimana kita mengolah tubuh kita untuk mendapatkan performa terbaiknya.

Mengubah cara pandang.

Pandemi memang mengacaukan banyak hal dari kesehatan maupun ekonomi, akan tetapi mari kita mencoba memandang pandemi sebagai kesempatan bukan sebagai tekanan. Banyak hal baik yang muncul selama masa pandemi, misalnya, selama WFH kita menjadi semakin dekat dengan keluarga, banyak orang juga semakin gencar menjalankan hidup sehat, kita menemukan hobi-hobi baru yang bermanfaat, kesempatan kita untuk berbagi dan memperhatikan orang lain juga lebih besar dan banyak muncul UMKM baru. Bukankah itu hal-hal yang patut kita syukuri?

Menjalin komunikasi dengan orang lain.

Salah satu protokol kesehatan yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga jarak. Hal itu menyebabkan kita kesulitan untuk bertemu dan menjalin relasi dengan orang lain. Cara mengatasi stress dapat dengan tetap berkomunikasi dengan orang lain, untuk itu kita dapat memanfaatkan berbagai fitur media sosial agar tetap dapat berkomunikasi dengan orang lain. Berbagi cerita dengan sahabat tentu dapat membuat kita bahagia dan menyadari bahwa dalam menghadapi pandemi ini kita tidak sendirian.

Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun seharusnya menjadi momentum yang tepat bagi bangsa Indonesia untuk melanjutkan perjuangan agar merdeka dari covid-19. Merupakan tanggung jawab kita masing-masing sebagai individu untuk terus menjaga kesehatan mental kita. Dengan kita memiliki kesehatan mental yang baik maka kita akan dapat memperjuangan Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh. 

(* Penulis adalah Konselor GPA)

Ilustrasi gambar https://unsplash.com/photos/yvxw4K9lYKo

 

Griya Pulih Asih “Pusat Pemulihan dan Pengembangan Diri”

Mendampingi Menggapai Potensi Efektif

Telp.                :+62 857 9115 2570

Alamat             : Jl. Tenggilis Mejoyo KA-12, Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur 60292, Indonesia

Email               : griyapulihasih@gmail.com

Web                 : https://griyapulihasih.com

Ig                     :griyapulihasih (rumah pemulihan)

You Tube         : Griya Pulih Asih

 

Layanan:

Psikotes

  • Bakat-Minat dan Penjurusan
  • Seleksi dan Penempatan Kerja
  • Rekomendasi/Evaluasi dan Pengembangan Karyawan

Pelatihan dan Seminar

  • Pelatihan/Seminar Komunikasi, Konseling, Parenting, Kepemimpinan, Self Development, dll.

Konseling dan Intervensi

  • Konseling karir, keluarga, pasutri, relasi, pranikah, dll.
  • Intervensi medikasi, kognitif, perilaku, konsentrasi, verbal-komunikasi, dll.

Child Care Center “Griya Anak”

  • Day Care, pengukuran psikologis anak, intervensi permasalahan anak, dll.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES