more"/> more">
Kabar Ladang Jember - Membangun Toleransi Umat Beragama di Dunia Maya
Last Updated : Sep 10, 2021  |  Created by : Administrator  |  20 views

Dalam peringatan 76 tahun kemerdekaan Indonesia, Permaker mengadakan Webinar Kebangsaan dengan tema “Membangun Toleransi Umat Beragama di Dunia Maya,” Jumat, 20 Agustus 2021. Webinar ini merupakan kerjasama Permaker dengan Peace Leader Jember, satu komunitas yang bergerak menyuarakan perdamaian dan toleransi di tengah keberagaman di Indonesia. Tujuan dari webinar ini adalah mendorong peserta untuk berperan dalam menangkal radikalisme dan intoleransi, dengan mengampanyekan kesatuan lintas agama dan kelompok melalui media sosial.

            Webinar kebangsaan ini menghadirkan tiga pembicara. Pembicara pertama adalah Fikri Fahrul Faiz, M.IntSec., peneliti di Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta. Fikri memaparkan beberapa hasil riset beberapa tahun terakhir terkait kondisi toleransi umat beragama di kalangan siswa dan mahasiswa muslim di Indonesia. Pembicara kedua adalah Dr. Narwastuyati P. Mbeo, alumni Perkantas Jakarta yang saat ini aktif dalam Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LSAF). Dr. Narwastuyati menyampaikan materinya dalam perspektif Kristen, yang mendorong peserta untuk menghidupi peran sebagai bagian dari masyarakat majemuk, menjadikan iman yang dipeluk sebagai inspirasi untuk menghadirkan kebaikan bagi banyak orang. Selanjutnya, Ghufron, MA.Hum. sebagai pembicara ketiga, menyampaikan pentingnya membangun narasi positif dalam mempromosikan perdamaian dan toleransi. Manajer Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia ini mengusulkan pendekatan komedi dalam bentuk film pendek atau konten digital lainnya sebagai sarana promosi toleransi.

            Patut disyukuri, webinar ini dapat diikuti oleh 107 peserta dari berbagai komunitas lintas iman. Semoga peserta yang hadir makin terinspirasi untuk terlibat aktif menyuarakan toleransi dalam kehidupan nyata, khususnya di media sosial.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES