more"/> more">
Sketsa~Omnibus Soli Deo Gloria - Tuhan yang Memanggil, Tuhan Juga yang Memperlengkapi
Last Updated : Oct 22, 2021  |  Created by : Administrator  |  176 views

Pelayanan mahasiswa yang dikerjakan Perkantas terus berkembang hingga saat ini, menghasilkan para alumni-alumni yang mewarnai profesinya dimana pun mereka berkecimpung saat ini. Sketsa kali ini mengajak berbincang salah satu alumni freshgradute yang merupakan produk hasil pelayanan mahasiswa.

Airin Levina, gadis muda enerjik ini biasa dipanggil Airin, lahir di kota paling timur Jawa Timur yaitu kota Banyuwangi, pada tahun 2014 Airin melanjutkan studi di Surabaya tepatnya di Universitas Airlangga, jurusan Kesehatan Masyarakat. Gadis yang memiliki hobi traveling, membaca dan mengajar ini, di tengah kesibukan kuliahnya saat itu, ia merupakan salah satu aktivis pelayanan mahasiswa di kota Surabaya. Pada  tahun 2018 setelah menyelesaikan kuliah, Airin hijrah ke Jakarta dan bekerja di salah satu Perusahaan Farmasi terbesar di Indonesia.

Kepada Tim Sketsa Airin mensharingkan bagaimana pelayanan mahasiswa menolongnya untuk memasuki dunia alumni yang penuh tantangan.

 

Airin, bisa sharingkan bagaimana dampak pelayanan mahasiswa dalam hidupmu setelah menjadi alumni?

Saya bersyukur pernah dilayani dan terlibat dalam pelayanan mahasiswa karena  jika tidak dibina dan ditempa, saya tidak akan strong seperti sekarang. Kuat yang seperti apa sih ? Selama melayani di pelyanan mahsiswa, Saya diperlengkapi secara spiritual melalui pemahaman Alkitab, ceramah serta eksposisi Alkitab. Pertama, dalam hal  soft skill,  saya banyak belajar tentang organisasi bagaimana memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik dan juga cara berelasi. Di dalam pelayanan saya juga  belajar bagaimana mengelola manajemen waktu dan mendelegasikan sesuatu, ternyata semua hal tersebut sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia pekerjaan.

Kedua, dalam pelayanan ini karakter saya dibentuk sehingga saya memahami panggilan dan tujuan saya bekerja. Dalam pekerjaan saya saat ini, kadang ada di titik jenuh dan lelah, ada keinginan untuk berhenti, tapi dari perenungan-perenungan yang ada diingatkan apa arti bekerja, untuk siapa saya bekerja, apa panggilan Tuhan pada saya ketika menerima bekerja di tempat ini. Saya ingat bagaimana Tuhan dengan jelas memimpin saya untuk menerima pekerjaan di tempat ini, dan bagaimana Tuhan memproses saya di sini dan Tuhan memperlengkapi dengan banyak hal. Ini sangat menguatkan.

Kesimpulannya pelayanan mahasiswa, sangat berperan penting dalam hidup saya, saya dilatih dan diproses secara mental dan skil sehingga tidak terkejut  menghadapi tantangan dunia pekerjaan yang cukup keras.

 

 

Menurut Airin, bagaimana kesinambungan pelayanan mahasiswa dan alumni bisa terjadi ?

 

Mahasiswa dan alumni harus berkumpul bersama. Apa kebutuhan mahasiswa yang alumni bisa support demikian juga sebaliknya. Mahasiswa adalah calon alumni, sedangkan alumni adalah mantan mahasiswa. Jika keduanya bersinergi pasti akan ada titik temu yang bisa saling memberkati. Para alumni bisa memberikan sharing kepada mahasiswa bagaimana menghadapi dunia kerja, dan juga membuka networking jika mereka memerlukan calon-calon karyawan baru atau jika adik-adik mahasiswa membutuhkan pekerjaan tambahan( partime) kakak alumni bisa membantu jika ada kesempatan. Para mahasiswa yang dulu pernah dibina di follow up untuk terus bisa mendukung pelayanan baik dalam bentuk tenaga, pikiran dan dana agar bisa sharing, bisa bersinergi dan terjalin  networking . Alumni juga terus dilanjutkan pembinaannya agar memiliki komunitas yang saling menguatkan satu dengan yang lain.

Apa pesan Airin untuk memotivasi rekan mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum menjadi alumni?

Buat teman-teman mahasiswa, pergunakan waktu tenaga, pikiran secara all out. Jika saat ini memiliki kesempatan dibina dalam pelayanan mahasiswa berikan diri secara total agar iman bertumbuh, soft-skill diperlengkapi, panggilan hidup ke depannya jelas. Bekali diri  dan pelajari semua hal dengansebaik-baiknya  dimasa-masa kuliah ini, jika memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri lakukan dengan bersemangat dan antusias. Jika  soft-skil dan hard-skill  dibarengi dengan pertumbuhan iman dan karakter yang baik kita akan memahami dengan jelas panggilan Tuhan dalam hidup kita. Dan kita akan siap menghadapi tantangan sebagai alumni sekeras apa pun. Tuhan yang memanggil, Tuhan juga yang akan memperlengkapi. Kiranya nama TUHAN ditinggikan melalui karya dan dedikasi yang diabdikan dalam melayani sesama melalui profesi yang kita ditekuni.


Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to catch our monthly newsletter, latest updates, and upcoming events
RELATED UPDATES